12 Bahaya Memelihara Kucing Bagi Wanita

Bahaya memelihara kucing memang hal yang ditakuti oleh sebagian orang apalagi bagi kaum wanita. Kenapa kok bisa begitu? Iya, karena sebagian besar disebabkan oleh kucing yang tidak tidak terawat, liar, bahkan kita tidak tau kondisi dari si kucing itu. Sebenarnya sangat banyak sekali yang harus kamu ketahui. Jika kamu masih penasaran, silahkan lanjutkan membaca sampai tuntas.

Bahaya Memelihara Kucing Bagi Perempuan

Bahaya Memelihara Kucing
Foto wanita yang sedang mencium kucing peliharaanya Via : Lisa B/Corbls

Walaupun tingkahnya membuat kamu ingin menggendong bahkan sampai menciuminya, hati-hati bahwa ada bahaya bulu kucing bagi manusia yang memang kamu belum ketahui, apalagi sampe bulunya yang rontok masuk hidung kamu. Wahh bisa bahaya banget itu. Berikut Informasinya:

 1. Toxoplasma

Untuk penyakit pada kucing jenis ini dimulai dari parasit yang tinggal di usus kucing. Nah, kemudian parasit ini bisa menular ke kamu melalui macam-macam media contohnya: melalui tinja, bulu kucing, serta tempat makanan kucing. toksoplasma juga dapat tumbuh di dalam tubuh manusia lho! Ini bisa berakibat terkenanya penyakit zoonosis pada manusia. Berikut ciri-ciri kucing terkena toksoplasma.

Padahal nyatanya penularan toxoplasma jauh lebih sedikit melalui kucing dan lebih banyak ditularkan melalui kotoran tikus di lingkungan yang kotor dan paling banyak lewat daging setengah matang seperti sate kambing. Jangan mengkambing hitamkan kucing, dia hanya tertular toxoplasma karena dibiarkan pemiliknya keluar rumah dan makan sembarangan terutama tikus. By :[email protected]

2. Asma

bulu kucing sangat berbahaya jika menyerang sistem pernapasan manusia. Ini bisa menyebabkan penyakit asma yang bisa membuat nafas kamu sesak! Di setiap helai bulu kucing terkandung virus-virus yang bisa menyebabkan asma. Jangan sampai kamu menciumi bulu kucing dan tidak sengaja virus tersebut masuk ke dalam tubuh kamu melalui sistem pernafasan, ya memang efeknya tidak saat itu, tetapi di kemudian hari.

Catatan: Jika kucing kamu sering dimandikan dan dibersihkan pastinya kesehatan kucing tidak terganggu agar tidak menyebabkan penyakit bagi manusia

3. Berakibat Bayi Cacat Hingga Keguguran

Waduh! Ini yang masih banyak sekali ditakuti, jelas lah mana ada wanita yang ingin bayinya cacat bahkan sampai keguguran, jelas tidak karena setiap wanita menginginkan bayi yang sempurna tidak ada cacat ataupun sampai keguguran.

Untuk penyakit ini bisa menurunkan daya tahan tubuh wanita hamil lalu kemudian perlahan-lahan akan menyerang sistem imun pada bayi dalam kandungan. Lebih baik kamu menjauhi kucing jika sedang hamil, jangan sampai kamu memeliharanya. Hmmm boleh memelihara tetapi dipisahkan dengan lingkungan keseharian kamu! Karena kesehatan ibu hamil dan bayinya lebih dipentingkan!

4. Alergi

Selain dari yang sudah ada diatas, penyakit ini juga dapat menyebabkan alergi yang bisa menular melalui pernapasan. Ketika alergi itu masuk kedalam tubuh kamu, tubuh akan langsung merespon dengan mensistesis histamine beserta zat kimia yang menyebabkan pemicu reaksi alergi. Contoh alerginya seperti gatal-gatal, mata berair, bersin-bersin disertai batuk, dan susah dalam bernapas.

Baca juga: 10 Ciri-ciri kucing stres

5. Gejala Infeksi

Gejala infeksi yang disebabkan oleh bulu kucing memang tidak terlihat secara kasat mata. Tetapi gejala ringan yang biasa diabaikan orang, lama-kelamaan akan menjadi tumpukan penyakit yang berbahaya. Gejala infeksi contohnya seperti hidrosefalus (menyerang organ otak), demam, jaundice, memar, pendarahan bawah kulit, dan pembesaran hati.

Jaundice adalah perubahan warna kuning pada kulit dan mata bayi yang baru lahir. Jaundice terjadi karena darah bayi mengandung kelebihan bilirubin, pigmen berwarna kuning pada sel darah merah.

6. Diare Kronis

Penyakit ini terjadi jika makanan yang sudah diendus bahkan sampai dijilat kucing, lebih baik kamu tidak mengkonsumsinya, karena air liur serta rongga mulut mengandung bakteri dan parasit, pastinya akan berpindah ke makanan. Catatan: Ini terjadi pada kucing yang tidak terawat dan pastinya sudah terserang penyakit.

Jika makanan sudah termakan oleh kamu, maka secara tidak langsung bakteri akan menyebar pada organ pencernaan serta melukai dinding lambung yang menyebabkan diare dan mencret.

7. Pembesaran Hati

Nah, untuk yang ini adalah tambahan dari nomor 1 yaitu toxoplasma. Untuk parasit toksoplasma yang masuk pada jaringan hati bisa merusak kinerja hati sehingga hati akan keghilangan kemampuannya dalam menguraikan hemoglobin yaitu membersihkan darah dan menyaring racun yang dihasilkan dari radikal bebas obat obatan dan dari makanan yang sudah di konsumsi. Kegagal pada jaringan hati dalam mengikat racun bisa menyebabkan hati menjadi meradan serta timbul pembengekakan.

Baca juga : Tips merawat kucing yang terkena penyakit kulit scabies

8. Kemandulan

Ini juga termasuk tambahan dari nomor 3. Bagi wanita memang lebih rentan terhadap gangguan kesuburan yang diakibatkan oleh parasit toksoplasmosis yang sering menempel pada bulu dan air liur kucing. Jika parasit ini tumbuh pada sistem reproduksi perempuan akan menyebabkan kesulitan untuk memiliki anak atau rentan terserang kemadulan. Kenapa? Karena di area alat reproduksinya sudah mengalami kerusakan.

9. Radang Paru-paru

Masih seputar dengan nomor 8 dan 3. Yaitu parasit toksoplasmosis juga bisa masuk pada pembuluh darah menuju paru-paru yang bisa menyebabkan jaringan paru-paru menjadi iritasi serta menimbulkan peradangan.

Radang paru-paru juga bisa mengakibatkan fungsi paru-paru menjadi terganggu dan kehilangan kemampuannya dalam hal sistem eksresi pada paru-paru. Untuk kondisi ini biasa juga mengakibatkan oksigen yang masuk ke dalam tubuh menjadi terhambat serta sistem pernafasan menjadi rusak.

10. Kurap (Ringworm)

Sesorang bisa terserang penyakit kulit (kurap) jika ada kucing yang bermain di tempat kotor yang kemudian bulunya dihinggapi bakteri yang menyebabkan penyakit kulit dan kamu berkontak langsung dengannya. Karena bulu kucing yang sudah terkontaminasi bakteri bisa membuat kondisi penyakit kurap menjadi lebih buruk. Selain itu juga dapat menyebabkan gejala demam berupa kepala terasa pusing, kehilangan nafsu makan serta mengalami pendaharan dibawah kulit.

11. Penglihatan Terganggu

Penglihatan yang terganggu disebabkan oleh bakteri Bartonella henselae dan parasit Toksoplasma yang sudah menempel pada bulu kucing yang kemudian berpindah ketangan manusia bisa menyebabkan gangguan pada jaringan mata. Ini bisa terjadi ketika kamu berkontak langsung dengan kucing tanpa sengaja kamu menggaruk bagian mata karena gatal maka parasit toksoplasma juga berkembang biak pada jaringan mata dan mengiritasi retina, efeknya penglihatan kamu lama-kelamaan menjadi kabur.

Baca juga : Penyebab dan Cara mengatasi kucing mencret atau diare

12. Penyakit Cakar Kucing (Cat Scratch Disease)

Pada point ke 12 merupakan kelanjutan dari point 11 yaitu setelah bakteri Bartonella henselae menyerang mata kamu yang sudah terkena bakteri, pada lokasi cakaran atau gigitan, akan muncul benjolan kecil dalam waktu 10 hari. Benjolan itu dsertai gejala mual, muntah, demam, menggigil, lelah, peredangan, serta rasa nyeri pada bagian kelenjar getah bening. Untuk orang yang memiliki daya tubuh yang baik, penyakit cakar kucing ini tidak akan memberikan efek yang serius.

Tetapi bagi orang yang daya tahan tubuhnya sedang menurun atau terdapatnya gangguan seperti HIV/AIDS atau sedang dalam proses kemoterapi akibat kanker, bakteri jenis ini bisa mengakibatkan kondisi yang lebih serius atau fatal!

Selesai sudah! Itulah bahaya memelihara kucing. Jika kamu tidak ingin terkena penyakit tersebut, janganlah memelihara kucing dirumah. Jika tetap ingin memelihara kucing, pastikan kucing kamu sehat walafiat dan cucilah tangan kamu setelah memegan bulunya. Lebih baik mencegah daripada mengobati!

Kucing :

    bahaya bulu kucing, virus kucing, bahaya kucing, bahaya memelihara kucing, bahaya bulu kucing bagi wanita, bahaya kucing bagi wanita, https://maniakucing com/bahaya-memelihara-kucing/, Efek bulu kucing, pelihara kucing, bahaya bulu
Baca Juga :  16 Cara Mengusir Kucing Liar Dengan Mudah (AMPUH!)

31 thoughts on “12 Bahaya Memelihara Kucing Bagi Wanita”

  1. Klo itu sih gmna kita ngurusin kucingnya. Klo kucing nya g ke urus, yaa kemngknan seperti itu.
    Tpi kucing itu setau saya hewan yg paling bersih..☺

  2. Jika penyakit yg dise babkan kucing begitu banyak dan mengerikan, maka nabi SAW pasti akan melarang atau membatasi interaksi dgn kucing, hadistnya kencing kucing, kucing, bahkan makanan minuman yg telah dijilat kucing tidak najis

    • Hoi mikir pake otak .. jangan dikit” bawa Allah .. ini tu informasi buat mencegah kita terhindar dari penyakit .. gk ada hubungannya sama yg lu bilang .. klo soal najis segala lu bilang makanan dan minuman yg dijilat kucing tidak najis .. coba lu bawa makanan atau air putih trs kasih ke kucing sesudah dijilat kucing lu makan tu makanan .. coba najis gak lu ? Pikir pake logika ..

  3. Kucingku bnyk dirumah, sdh lama memeliharanya, tidur bareng, main main, tapi alhamdulillah saat aku menikah, aku dikasih Allah keturunan kok, bayiku Alhamdulillah sehat, tergantung kebersihan kok, g mungkin hewan kesayangan Rosulullah menjadi “ancaman” untuk manusia itu sendiri, selagi kita menjaga kesehatan dan kebersihan inshaa Allah, g bakal merasakan “penyakit” yg disebutkan diatas..

  4. Belum tentu juga sih….temen aku pecinta kucing bgt….tapi bisa hamil juga yg punya….semua tergantung kebersihan dan kepercayaan masing2 aja sih…

  5. Mau melihara kucing jd mikir2 dulu nih jadi atau nggk, tp trlanjur suka & sayang, bsa jd penghibur diri… Yah seandainya jd melihara smg tdk trjdi hal2 yg tdk diinginkan, amin.

  6. Ko saya jadi dek2an gini ya di kosan saya punya kucing namanya kitty kita sering bo2 bareng makan bareng, pas baca website di atas ko tiba2 jadi takut gini harus gimana ini solusinya masa iya saya harus melantarkan kucing se imut ini

  7. Inget informasi ada pro dan kontra jgn di telan mentah2, kecuali ada data valid dri semua yg dituliskan. Semua orang bebas mau menginfokan apa saja sech.. Tujuannya jga pasti baik sebenarnya. Klu saya seh insyaallah fine2 aja.. Gak da pengaruh nya krna mmng gak ada data validnya. Begitu pun bnyak bgt kug catlover yg alhamdulilah fine2 aja hidupnya walaupun dikelilingi banyak kucing. Berbagi kasih itu lebih penting menurutmu. HELLO jga manusia yg bilang mikir pake otak jgn dikit2 bawa Allah. Wajar klu manusia beragama selalu membawa2 Tuhannya. Mengingat segala sesuatu yg ada dan terjadi pada kehidupan ini juga gak lepas dri peran Allah. Klu loe atheis gak usa lah lho pake ngomng kyak gtu… Lho bilang kita suruh mikir pake otak.. Sedangkan omonganmu sendiri juga kagak pake otak.

  8. Kalo mw cuman dpt uang dari google jgn bikin artikel yg hoax lah , kalo pelihara anjing atau pelihara yg nulis artikel ini aku percaya dampak nya bisa kaya gitu , admin tai penipu tidak ada data spesif nya

  9. iya bener kakak suami saya juga ngalamin hal itu, dulu jauh sblum menikah dia suka sama kucing setelh menikah dia keguguran 2x dan yg hamil ke 3 lahir 2 bulanan meninggal sampe sekarang belom lg hamil. sekali lg bukan kucing yg membawa penyakit tp virus yg menempel pd kucing yg tidak terawat.

  10. Kucing sama anjing yg udah jelas masih banyak penyakit di anjing aja banyak yg pelihara, bahkan banyak yg udah di jilat sama anjing sampe sekarang pemiliknya sehat2 aja tuh. kok kucing hewan kecintaan nabi muhammad saw begitu di pandang sebelah mata yah ? perilaku dan perbuatan rosullulah bagi umat islam itu yg paling baik. jika kucing bagi nabi muhammad adalah perhiasan dirumah bahkan di muliakan kenapa harus takut memelihara ? penulisnya kaya yg ada di jaman rosul dulu, yaitu memandang hewan kucing adalah hewan kutukan jadi di benci. Al-Quran sumber segalanya, didalamnya juga ada yg membahas kucing, bahkan tidak ada pembahasan kalo kita harus waspada dengan kucing atau membencinya.

  11. Maaf yaa…
    Kucing itu gak selamanya membawa penyakit. Dan perlu teman teman ketahui toksoplasma bukan hanya pada kucing tp pd binatang lain pun banyak. Seperti burung anjing dan daging daging yg mentah. Maka knp kucing lebih baik jgn diberikan daging mentah. Untuk kucing sendiri menurut penelitian hidup kucing itu lebih bersih dr hidup manusia. Maka kenapa dia tidak suka air. Karna knp? Karna permukaan yg lembab atau tidak kering lebih memungkinkan perkembangan kuman lebih cepet. Untuk lidah dan air liur kucing sendiri bukanlah sarangnya kuman karna kenapa? Banyak penelitian lidah dan air ludah kucing memiliki antibiotik alami yg bisa membunuh kuman . Jadi knp kucing suka membersihkan badannya atau yg bisa kita sebut dia mandi. Meski begitu. Jika ingin kucing sehat kita ttp harus memperhatikan kesehatannya baik vaksin , makanan , minuman , tempat tinggalnya. Jangan selalu menyalahkan kucing pembawa penyakit. Karna sakit atau sehatnya kucing tergantung yg merawatnya.

  12. INSHA ALLAH TIDAK APA APA

    😊😊
    GAK USAH KEBAWA EMOSI YA UKHTI AKHI

    HAHAHHA

    EMANG DI AGAMA ISLAM KUCING SALAH SATU HEWAN YG DI ISTIMEWAKAN,, SEMUA KEMBALI KE ALLAH, PAHALA BANGET BUAT KITA YG MAU NGURUSIN TP JAGA KEBERSIHANNYA JUGA YA 😊

  13. Kalau bisa buat pembuktian yang jelas mas darimana toxoplasma itu? Artikel beginian bisa membuat manusia tidak memperdulikan populasi kucing. Kasian banyak kucing yang terlantar diluar sana karena kata-kata beginian. Mereka kelaparan bahkan diusir setiap minta makan kalau mereka mencuri bahkan disiram air panas. Begini mas saya punya teman yang tidak suka kucing tapi dia malah sesak nafasan terus setiap hari beda dengan saya yang Alhamdulillah masih bisa menjaga dengan cara sering minum air hangat dan menjaga makanan berlemak agar tidak banyak. Mas/Mbak yang buat artikel ini tolong di perbaiki mas karena dalam hadits Rasulullah bekas jilatan kucing bisa dipakai wudhu dan bekas makanan kita bubur yang dimakan bisa kita makan lagi. Masukkan aja untuk menjaga populasi mereka tetap terjaga kasian diantara semua hewan kucing paling dihindari padahal ia tidak najis apa bedanya dengan doggie, kelinci dan harimau hewan yang berbulu

  14. Mas kalau bisa buat artikel diberi keterangan asalnya toxoplasma mas. Mas masukkan dijaga aja mas kata2 bahaya pelihara kucing karena ini bisa merusak populasi kucing. Kasihan banyak kucing di luaran sana dianggap najis, mereka terlantar, gak diberi makan, kalau mencuri malah disiram air panas. Kasian mas/Mbak banyak populasi mereka yang tidak terawat. Padahal hadits Rasulullah bekas minuman kucing bisa dipakai wudhu dan makanan contoh buburnya Aisyah yang terlupa dimakan lalu dimakan Moeza dan Aisyah lalu membersihkan bekas Moeza dan buburnya dimakan kembali oleh Aisyah. Pada dasarnya kan ini merusak populasi mereka. Dibilang rabun salah mas kalau kita sering makan wortel tetap terjaga kok. Dan saya punya teman gak suka kucing tapi dia asma beda dengan saya yang suka kucing namun sering minum air hangat menghindari makan makanan berlemak atau gorengan terlalu banyak bisa menghindari asma mas.

  15. Mungkin buat penulisnya silahkan browsing dulu atau tanya dokter dulu geh ya , untuk point pertama untuk toxso itu bisa tertular lewat tinja atau kotoran yg di biarkan lebih dari 38 jam , bukan dari buluuuuu, yg penting rajin2an aja ngrawat kucingnya dimandiin , di kasih makan yg bukan dari daging mentah bersihin kandnag dsb

  16. lanjutkan memelihara kucing..jaga kebersihannya..maka akan terhindar dari penyakit..oke.. tambahan: kalau posting yang sesuai fakta dong min, jgan asal posting yng blum ada buktinya

Leave a Comment