Cara Memandikan Kucing dan Tips Agar Sehat Selalu!

Posted on

Memandikan Kucing merupakan salah satu aktivitas yang wajib dilakukan untuk menjaga badan kita bersih dan terbebas dari kuman juga tidak terkena penyakit akan tetapi cara memandikan kucing harus teliti agar kucing nyaman. Layaknya manusia, kucing juga perlu untuk membersihkan diri dari kotora. Selain membersihkan, mandi juga bisa bikin bulu kucing menjadi bersih, sehat dan bagus!

Biasanya si kucing akan membersihkan diri dengan cara menjilati tubuhnya kan? Tetapi itu tidak cukup untuk membersihkan kucing kita dari jamur,kutu,kotoran ataupun bakteri yang dapat membuat kucing tidak sehat dan lucu.

Baca juga: Cara mengatasi penyakit telinga(otitis) pada kucing

Cara memandikan kucing sebenarnya tidak terlalu sulit, namun pasti ada kendala sedikit seperti kucing takut air, berontak, kemudian mencakar kita sehingga kucing menjadi galak dan susah diatur, maka sering-seringlah atau membiasakan memandikan kucing, minimal 1 minggu 2x jika kucing sudah terbiasa mandi maka kucing akan ingin selalu mandi ketika badanya merasa kotor,gatal atau risih dan setelah kucing dimandikan maka kucing akan lebih sering tidur dan santai kerjaanya hanya makan dan tidur karena kenyamanan kucing setelah dimandikan.

Perlu diperhatikan

Tips ini untuk kucing yang sudah berumur atau dewasa (lebih dari 3 bulan). Bukan untuk anak kucing bahkan anak kucing yang baru lahir. Dan kucing yang sedang menyusui sebaiknya jangan dimandikan sampai tidak menyusui maka dibersihkan saja dengan menyikat bulunya karena kucing menyusui sangat rentan sakit dan akan sedikit berbeda untuk anaknya.

Cara Memandikan Kucing Sendiri di Rumah.

Menyiampkan alat mandi

  • Persiapan wajib memandikan kucing
  • Ember berisi air hangat
  • Sampo kucing, BUKAN sampo manusia.
  • Bedak khusus kucing/Parfum kucing
  • Sisir
  • Blower (sebaiknya pakai ini dibanding Hair Dryer)
  • Handuk
  • Cottonbuds
  • Handuk lembut/khusus

Baca juga: Cara dan Tips Merawat kucing anggora LENGKAP BANGET!!!

Opsional:

  • Baby Oil
  • Bedak Bayi (Alternatif jika tidak memiliki bedak khusus kucing/parfum)
  • Kanebo (alternatif handuk) / gombal

1. Langkah-Langkah memandikan kucing

Membasahi semua tubuh kucing

cara memandikan kucing
Membasahi tubuh kucing seluruhnya.

Pertama-tama kita basahi dahulu semua bagian tubuh si kucing dengan air hangat tadi secara perlahan dan merata hingga ke kuli, tetapi jangan sampai ke telinganya sampai kemasukan air, lebih baik di basuk dengan tangan saja di kusuk.

Mulai menggunakan shampoo

Cara memandikan kucing dengan shampoo
Memandikan kucing menggunakan shampoo untuk membersihkan kutu kucing atau telurnya di bulu kucing.

Setelah dibasahin tubuhnya, sekarang kita gunakan shampoo khusus kucing yang sudah disediakan sebelumnya. Shampoin si kucing hingga merata ke seluruh tubuh, tapi perlu diingat jangan sampai kena mata, hidung dan mulut si kucing lucu kesayangan anda.

Baca juga: Cara merawat kucing sakit mata tanpa harus ke dokter

Oh iya kamu bisa sambil mengusap-usapkan tubuhnya, kemudian memijitnya supaya shampo yang diberikan bisa merata dan meresap hingga akar bulu kucing.

Membilas

cara memandikan kucing dengan membilas
Gambar membilas kucing

Jangan lupa dibilas bulu kucingnya ya, supaya shampo dan kotoran yang ada pada tubuh si kucing hilang. Lakukan dengan air hangat tadi, kemudian pastikan tidak ada sisa shampoo di tubuh si kucing.

Keringkan bulu si kucing.

cara memandikan kucing dengan mengkeringkanya
Gambar mengeringkan kucing

Selanjutnya keringkan si kucing memakai handuk lembut yang bersih ya, gosok-gosok semua bagian tubuh si kucing secara perlahan dan pastinya menggunakan handu tersebut secara perlahan-perlahan. Lakukan cara ke 4 ini hingga si kucing kering.

Baca juga: Macam-macam dan Cara mengatasi penyakit kucing!

Setelah menggunakan handuk, untuk lebih cepat kering kamu juga bisa menggunakan Blower. Apaah memakai hair dryer boleh? Tetap boleh, namun banyak kucing tidak terlalu suka. Memakai Blower ini lebih mudah dan cepat kering dibandingkan dengan handuk untuk alternatif lain kalian bisa jemur si kucing di bawah terik sinar matahari.

Membersihkan telinga kucing

cara memandikan kucing dengan membersihkan telinga
Gambar membersihkan telinga kucing

Setelah kucing kesayangan anda mandi, dianjurkan untuk membersihkan telinganya menggunakan Cottonbuds dipadukan dengan Baby oil atau Cottonbuds saja sebenarnya sudah cukup. Bersihkan seperti layaknya telinga manusia, pelan-pelan saja supaya si kucing tidak merasa sakit, telinga wajib dibersihkan karena di telinga kucing rawan kotoran dan kuman serta kawanya karena dapat membuat telinga kucing terinfeksi bisa korengen atau luka yang dibuat si kucing karena telinga sangat gatal sehingga di garuk hingga luka.

2. Tips memandikan kucing

tips cara memandikan kucing
Ilustrasi tips memandikan kucing
 

Memotong kuku kucing

Sebisa mungkin potong kuku si kucing sebelum memandikannya, ini untuk meminimalisir luka yang kita alami kalau si kucing sampai takut dan mencakar kita saat dimandikan. Namun jangan dipotong terlalu dalam  lebih baik secara merata dan sedang,kalau tidak cukup di kikir saja agar tumpul sedikit yang pasti tidak berlebihan, kan kuku kucing diperlukan untuk pertahanan diri.

Menyikat untuk meratakan shampoo

Saat mulai memandikan kucing dengan shampoo, kamu bisa menggunakan sikat khusus untuk meratakannya. Gosok saja bulu kucing dengan sikat tersebut secara perlahan dan hati-hati. Ini bertujuan untuk bulu kucing yang rontok dan menggumpal bisa dikeluarkan sehingga tidak menggumpal dengan lainnya.

Mengetahui waktu yang tepat

Kapan sih waktu yang bagus untuk memandikan kucing kesayangan anda? Ini sebenarnya tergantung. Kalau kucing kamu terlihat sangat kotor atau terlebih lagi banyak kutunya lebih baik segera dimandikan.

Secara umum, kucing dimandikan seminggu sekali agar tetap menjaga kebersihan,kesehatan dan meningkatkan kelucuan si kucing ya!

Lebih kucing dimandikan sendiri di rumah ketimbang di b, memandikan di petshop + vaksin saja harganya sudah  lebih dari 100 Ribu rupiah. sayang uangnya. Kalau anda memiliki banyak uang lebih baik saya saja yang memandikan kucing anda hehe.

Dari cara-cara diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa memandikan kucing sebenarnya tidak sesulit yang kita bayangkan. Hanya butuh ketelatenan, keberanian (kalau kucing marah) dan sabar. Semoga kamu bisa lebih cepat mahir untuk memandikan kucing dengan baik dan benar maka kamu akan mendapatkan sensasi yang tidak terduga dengan memandikan kucing !

Kucing :
    cara memandikan kucing, memandikan kucing, Cara memandikan, cara memandikan kucing persia, waktu yang tepat memandikan kucing, cara mandiin kucing, mandiin kucing, Cara memandikan kucing di rumah, cara memmandi kan kucing, cara mememadikan hewankucing anggora
Klik Untuk Share !

9 thoughts on “Cara Memandikan Kucing dan Tips Agar Sehat Selalu!

  1. Mas/mba punya kontak yang bisa saya hubungi? Email atau sosial media lainnya yg menggunakan applikasi messenger.
    Soalnya saya baru adopt kucing (tidak ras) umir 3 bulan. Dan saya seperti mengalami ‘baby blues’, selalu khawatir apa yg saya lakukan salah.

    Saya mohon bimbingannya. Karena ini pertama kalinya saya berkomitmen untuk pelihara kucing. Biasanya hanya ngasih makan kucing jalanan.

    Klo boleh, reply ke email saya saja. Agar mudah mengetahuinya.

  2. Kebetulan sekarang ada kucing jalan lagi sakit tidur di teras rumah, dan saya bingung harus melakukan apa … Apa perlu saya jasih susu sachet dulu biar kucingnya enakan kak?

  3. Berapa lama baiknya untuk memandikan kucing ya kak? saya baru sekali mandiin kucing saya. dan saya mandikan sekitar 5 menit sampai selesai, takut masuk angin nanti kalau lama-lama saya pikir. dan yang susahnya itu untuk mengeringkan bulu kucingnya. saya cuma ada hair dryer, tapi lama keringnya. ada tips cepat kering gak kalau pakai hair dryer? mohon bantuannya. terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *