7 Cara Membersihkan Telinga Kucing [Ampuh]

Posted on

Cara membersihkan telinga kucing memang harus dilakukan dengan tepat. Sebab jika sembarangan melakukannya akan berdampak buruk terhadap kuping si kucing. Jangan sampai anda melewatkan hal yang satu ini karena penting untuk kebersihan dan kesehatan hewan peliharaan anda. Di lain sisi kotoran dan virus berbahaya tak akan pergi dari tubuhnya sendiri.

Cara Membersihkan Telinga Kucing
Gambar Cara Membersihkan Telinga Kucing

Jika anda menginginkan kucing bersih dan sehat, silahkan membersihkan telinganya sekitar semiggu sekali agar mencegah bertumbuhnya kuman yang ada di dalam. Anda harus mempersiapkan beberapa alat dan bahan yang harus digunakan, semua itu sudah disajikan dibawah ini secara lengkap dan teruji. Silahkan anda simak dengan baik. Check this out !

Cara Membersihkan Telinga kucing

Mungkin bagi para cat lovers sudah bisa membersihkan telinga kucing dan terbiasa melakukannya dengan cara mereka sendiri. Namun ada beberapa hal yang harus diketahui agar mendapatan hasil yang sempurna sehingga membuat hewan peliharaan anda selalu sehat dan tetap menggemaskan. Berikut ini tips-tips tepat yang boleh anda ikuti ataupun tidak.

  1. Pegang bagian atas telinga

    Cara membersihkan telinga kucing yang kotor dilakukan dengan memegang terlebih dahulu bagian atas telinganya. Kemudian balikkan bagian daun kupingnya secara lembut hingga ia terdiam dan nyaman, sehingga anda bisa melihat bagaimana kondisi didalamnya. Jika ia tetap bergerak serta memberontak, sebaiknya anda menenangkan terlebih dahulu agar bisa diam.

    Ketika anda sudah melakukannya jangan lupa untuk memegang bagian atas telinga yang sebelahnya. Dalam pengecekan ini disarankan untuk melakukannya di tempat yang mempunyai cahaya terang serta memadai. Seperti di tepi jendela atau bisa dilakukan dibawah lampu ruangan anda. Apabila semua itu sudah terlaksana silahkan lanjutkan ke step yang berikutnya.

  2. Periksa telinga si kucing

    Step yang satu ini sama seperti cara membersihkan telinga kucing persia. Yaitu dengan melihat bagian kupingnya tapi anda hanya bisa menengok dari bagian luarnya saja. Tidak mungkin anda bisa melihat bagian dalam terutama gendang telinga, karena posisi kepala sejajar horizontal sehingga tak dapat untuk dibuka. namun anda bisa saja mengetahui kotor atau tidaknya dengan memasukkan air sedikit demi sedikit agar butir-butir calon kuman tersebut dapat keluar sendiri.

    Bersihkan kuping kucing anda dengan teratur. Diusahakan saat ia dalam kondisi mengantuk atau ketika sedang bermanja-manja dengan anda. Semua itu akan memperlancar proses perawatan agar lebih aman dan mudah. Seekor hewan peliharaan yang sedang semangat pasti akan gampang melawan bahkan mencakar jika bagian tubuhnya sedang dipegang atau dirawat.

  3. Menetesi telinga dengan cairan pembersih

    Tips yang satu ini merupakan cara membersihkan telinga kucing bagian dalam. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, menetesi kuping hewan anda menggunakan cairan pembersih akan membuang kotoran yang ada didalamnya. Langkah pertama adalah meneteskannya dengan bergantian dari satu telinga ke satunya lagi. Setelah itu cukup diamkan beberapa saat.

    Jangan lupa ketika meneteskannya harus sesuai dengan takaran dan dosis yang sudah tertera pada instruksi di label kemasan obat. Untuk bagian yang ditetesi juga silahkan liat di bagian botol cairan pembersih tersebut. Hal tersebut penting lho untuk kesehatan dan untuk membuat kucing anda tetap nyaman. Kalau sudah sehat pasti anda juga tak lagi khawatir kepadanya.

  4. Pijat bagian telinga si kucing

    Ketika anda sudah mendiamkan si kucing untuk beberapa saat, berilah dia sentuhan pijatan dibagian telinganya dengan sangat lembut dan nyaman. Tujuan dari hal tersebut selain untuk mengeluarkan tahi kuping adalah guna membersihkan sisa-sisa kuman atau bakteri yang membandel di dalam bagiannya. Siapkan selembar tisu atau kertas  untuk menampung kotoran.

    Lakukanlah pijatan dipangkal telinga paling lama 20 sampai dengan 45 detik agar efek cairan pembersih tersebut dapat bekerja dengan baik. Namun tak boleh berlebihan dalam melakukannya. Karena bisa membat si kucing merasa tak nyaman dan dapat mengakibatkan kemarahannya seperti mencakar, melompat, bahkan bisa saja pergi dari rumah anda sendiri.

  5. Berikan waktu istirahat untuk menggelengkan kepalanya

    Hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah dengan membiarkannya beristirahat sejenak dan memberikan waktu untuk menggelengkan kepala agar semua sisa kotoran yang ada di telinga dapat keluar. Sehingga si kucing bebas dari calon kuman atau bakteri yang ada didalamnya. Beri dia waktu sekitar 10 hingga 15 menit agar tak ada lagi yang menempel dan mengganggu kuping.

    Jika sudah selesai, dekati kucing anda dan beri perhatian serta manjakanlah dengan tenang agar mau menurut kepada anda lagi. Setelah itu bisa mengajaknya sedikit bermain dengan alat mainan yang tersedia seperti bola ataupun barang lainnya. Hal paling penting tentu mempersiapkan peralatan selanjutnya agar kuping tampak lebih bersih dan sehat kembali.

  6. Bersihkan sisa telinganya menggunakan cutton bud

    Cara membersihkan telinga kucing berikutnya yaitu mengorek kupingnya dengan sangat pelan dan halus. Jangan sampai dibagian lekukannya terlewat oleh cutton bud tersebut. Perhatikan juga wajah kucing apakah merasa kesakitan atau tidak, karena ia akan memberontak ketika ada hal yang tak nyaman dibagian itu. Mungkin bisa sembari mengelus kepala atau pantatnya.

    Anda bisa menggunakan cutton bud dengan ukuran yang kecil agar lebih mudah untuk memasukkannya ke dalam telinga. Jika menggunakan yang lebih besar, dikhawatirkan akan membuat kuping merasa tak nyaman dan dapat melukai bagian pinggir kulitnya. Sehingga tak cocok untuk digunakan apabila sikucing belum bisa tenang dan tak mau untuk berdiam diri.

  7. Bawa kucing ke dokter hewan jika menemukan keganjilan

    Bagi anda yang merasa adannya suatu keganjilan didalam membersihkan telinga sikucing. Lebih baik segera bawa dia ke dokter hewan terdekat untuk diperiksa lebih lanjut. Salah satu cirinya adalah tercium bau aneh yang muncul dan ada tanda merah serta bengkak diarea kulit bagian kupingnya. Jika hanya ada sedikit kotoran didalamnya, anda masih bisa melakukannya sendiri.

Kotoran yang tak normal di dalam kuping sikucing bisa menghasilkan nanah dengan warna hijau maupun kuning. Hal tersebut biasa disebut dengan sekresi yang tak berjalan dengan normal. Tanda seperti itu juga bisa menjadi ciri bahwa kucing anda telah terinfeksi jamur, bakteri dan juga kutu.

Cara Membersihkan Telinga Kucing Dengan Baby Oil

Cara yang satu ini mungkin agak lebih mengeluarkan uang karena harus mencari dan membeli baby oil dahulu. Minyak tersebut biasa digunakan oleh bayi ketika sudah selesai mandi. Namun bisa juga diberikan untuk telinga si kucing karena terdapat kandungan untuk melunturkan kotoran di kuping. Cara ini dipakai jika tak menemukan cairan pembersih khusus untuk hewan.

Apakah cara membersihkan telinga kucing yang anda lakukan sesuai dengan urutan? Jika belum, maka cobalah tips diatas supaya kucing peliharaan anda mudah untuk dibersihkan. Bagi anda yang tertarik dengan  baby oil silahkan beli di toko terdekat. Dijamin hasil yang diberikan tak akan mengecewakan anda. Hewan peliharaan bersih dan sehat, anda pun ikut senang. Terimakasih

Kucing :
    membersihkan telinga kucing, bolehkah membersihkan telinga kucing dengan baby oil, membersihkan telinga kucing dengan baby oil, cairan pembersih telinga kucing, pembersih telinga kucing, cara membersihkan kuping kucing, Cara membersihkan telinga ku, cara membersihkan telinga kucing dengan baby oil, obat pembersih telinga kucing, cara membersihkan telinga k

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *