Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Mencret AMPUH!

Posted on

Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing MencretΒ  – nahh bagi pecinta kucing pasti sangat ingin binatang peliharaanya terbebas dari berbagai penyakit atau virus agar kucing tetap sehat dan lucu, bukan ? Salah satu penyakit yang cukup membuat para pemilik kucing khawatir adalah kucing mencret atau diare.

Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Mencret

Ciri-ciri pada kucing yang terkena penyakit mencret atau diare adalah adanya gangguan yang terjadi pada saluran cerna atau usus yang ditandai adanya perubahan pada tinja(ee) kucing yang lebih encer dan miningkatnya frekuensi buang air besar yang berlebihan pada si puss.

Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Mencret

Apabila kucing peliharaan anda sudah terkena penyakit ini, hal pertama yang harus anda ketahui adalah apasi penyebab dan kenapa si puss bisa terkena diare atau mencret. Biasanya penyakit ini terjadi karena virus yang menyerang kucing yaitu adenovirus dan rotavirus. Dan apabila penyakit ini berlangsung lama bisa dikatakan diare akut dan hal ini terjadi karena alergi pada makanan, malabsorsi atau bahkan pemberian obat yang berlebih seperti obat cacing.

Selain terkena infeksi yang disebabkan oleh virus, ternyata ada beberapa makanan yang mennjadi faktor lain kucing terkena diare atau mencret. Salah satu tips menangani kucing tidak mau makan dengan mengganti makanan yang biasa diberikan. Akan tetapi harus perlahan atau berhati-hati apabila salah pilih akan berdampak pada kesehatan hewan peliharaan puss lover. Sebelum membahas tentang cara mengatasi dan bagaimana mengobatinya, berikut ada beberapa makanan yang dapat memicu gangguan pencernaan pada kucing.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Kumpulan Makanan Penyebab Kucing Mencret atau Diare

– Makanan Sisa

Jangan biarkan kucing peliharaan anda dibiarkan keluar rumah, karena si puss kemungkinan besar memakan makanan sisa atau makanan yang ada di sampah saat kucing lapar. Hal ini menjadi pemicu terganggunya saluran pencernaan si kucing dan membuatnya mencret atau diare.

– Minum Air yang Tidak Higenis

Salah satu faktor penyebabnya kucing mencret karena minum air sembarangan. Hal ini disebabkan karena kucing terlalu bebas keluar rumah dan tidak begitu diperhatikan si puss apakah kucing peliharaan anda meminum air higenis atau tidak. Bukan hanya diluar rumah, karena di dalem rumah pun kucing anda bisa-bisa saja meminum air yang tidak higenis. Contoh: meminur air WC, air keran yang mengalir, bahkan air cucian bisa saja terminum. Selain kucing bisa sakit diare, minum air sembarangan dapat menyebabkan kucing keracunan. Untuk itu, lebih baik batasi area kucing, jangan dibiarkan meminum air yang tidak higenis di dalam rumah maupun diluar rumah.

– Sayuran yang Belum di Cuci Bersih

Ada banyak variasi makanan kucing yang bisa dilipih adalah sayuran, namun ada yang perli diperhatikan terlebih dahulu yaitu kebersihannya. Apabila sayuran atau buah-buahan tidak di cuci dengan bersih maka dapat menimbulkan gangguan pada pencernaan kucing yang disebabkan bakteri atau parasi di dalamnya. Sebelum diberikan pada kucing peliharaan anda, cuci terlebih dahulu dan dikukus agar tekstur lebih empuk dan mudah untuk dimakan.

– Pemilihan Produk Susu Sembarangan

Kucing yang meminum susu dari merk sembarangan juga dapat menjadi pemicu diare karena pada dasarnya hewan menggemaskan ini tidak dapat mencerna laktosa. Maksudnya adalah sebagian besar susu baik susu hewan atau susu manusia mengandung laktosa yang tidak dapat dicerna dengan baik oleh si kucing. Makanan lainya yang mengandung laktosa yaitu: keju,susu,es krim, dan yogurt.

– Pemilihan Produk Susu yang Kurang Tepat

Salah satu kondisi tubuh yang dimiliki si kucing yaitu tidak dapat mencerna laktosa, karena sebab itu kucing tidak bisa mencerna produk susu. Untuk itu, jangan memberikan produk susu seperti yogurt, krim, keju, dan es krim. Daripada memberikan susu atau makanan olahan susu lainnya, lebih baik memberikan air putih atau bisa kuning telor agar kucing tetap sehat dan perkasa.

Sebenarnya ada beberapa minuman dan makanan yang berbahaya bagi kucing. Untuk itu, pecinta kucing harus selalu memperhatikan hewan peliharaanya agar tidak mengkomsumsi makanan yang dapat membuat kucing menjadi sakit mencret atau diare.

Pada umumnya, apabila kucing kesayangan anda terkena penyakit mencret atau diare, nafgsu makannya akan berkurang dan tidak seperti biasanya yang lahap. Anda dapat mensiasatinya dengan memberikan makanan secara rutin atau seperti biasanya tetapi dengan porsi yang sedikit. Apabila si puss sudah mengalami mencret hingga 1 minggu lamanya bisa dikatakan diare akut.

Berikut ada beberapa tips menangani permasalahan catlovers(diare atau mencret)

Tips Cerdas Mengatasi Kucing Terkena Penyakit Diare atau Mencret

– Β Memberikan Cairan Oralit Khusus hewan

Sebnarnya ada beberapa cara untuk mengatasi kucing mencret atau diare yang cukup ampuh dan manjur yaitu dengan memberinya oralit yang memang khusus untuk kucing agar tidak semakin parah. Oralit ini biasanya sudah ada di petshop terdekat di kota anda. Terkadang ada saran yang menganjurkan untuk memberi obat adsorben seperti kaolin.

Obat jenis ini sebnarnya hanya berfungsi untuk meredakan dehidrasi dan tidak menghentikan buang air besar secara berlebih. Tips lainnya yaitu dengan selalu menjaga kebersihan kucing peliharaan anda serta kandang agar tidak terkena lagi dan mencegah penyebaran penyakit ini ke kucing lainnya.

Baca juga: Cara dan Tips Mengatasi Kucing Dehidrasi

– Memberikan Multivitamin Untuk Kucing

Tidak hanya manusia saja, kucing juga bisa diberi multivitamin untuk menjaga ketahanan dan kekebalan tubuhnya dari berbagai penyakit. Catlovers dapat membelinya di toko-toko hewan(pethop) terdekat. Selain untuk menjaga ketahanan tubuh, multivitamin khusus kucing ini dapat membantu melawan virus yang menyebabkan sakit diare atau mencret.

– Memberi Makanan Dengan Tempe

Pertolongan lainnya yang bisa anda lakukan pada kucing yang sedang mencret atau diare yaitu dengan memberikan tempe. Salah satu makanan manusia ini memiliki banyak manfaat yang cukup ampuh untuk mengatasi kucing yang terkena diare. Apabila dirumah pecinta kucing terdapat tempe, masak terlebih dahulu agar kucing mau memakan tempe tersebut.

Anda sebagai pemilik kucing peliharaan juga dapat memberikan multivitamin dan nutrisi khusus hewan yang dapat dibeli di petshop terdekat agar tubuh kucing tidak lemas karena banyak mengeluarkan kotoran. Cobalah memberikan obat cacing khusus kucing apabila obat bernama adsorben tidak berhasil menangani permasalahan pada kucing anda. Bisa saja, kucing mencret atau diare karena cacingan.

– Mencoba Mengganti Makanan Kucing yang Diberikan

Mengganti pakan kucing bisa menjadi opsi lainnya yang dapat anda lakukan. Apabila penyebab kucing mencret karena pergantian makanan, sebaiknya jangan langsung menggantinya. Lakukan secara bertahap dikit demi sedikit agar kucing terbiasa dengan makanan yang baru diganti.

– Sementara Tidak Diberi Makan atau Mempuasakan Kucing

Cara ini bertujuan agar dapat menetralisisr pencernaan pada kucing yang terkena diare atau mencret Akan tetapi, catlovers jangan membiarkan kucing tidak mau makan begitu lama, malah dapat berakibat buruk bagi kesehatan si puss. Apabila kucing dewasa yang terkena penyakit ini, durasi untuk tidak diberi makan yaitu kurang lebih satu hati atau 24 jam dengan memberi air putih. Sedangkan pada anak kucing hanya 12 jam atau setengah hari.

– Menjaga Kebersihan Kandang Kucing

Nah, Apabila si kucing terkena diare atau mencret, cobalah untuk menjaga kebersihan kandan dengan semaksimal mungkin. Apabila kotoran kucing pada kandang tidak segera dibersihkan makan dapat membuat kondisi kucing lebih tidak sehat dan memperparah penyakitnya.

Baca juga: Cara Memandikan Kucing (Di Rumah vs Di Petshop)

Namun apabila kucing mencret atau terkena diare disertai darah dan berlendir, BAB yang cukup banyak dengan warna hijau atau warna yang pucat, dehidrasi berat pada kucing, lemas dan kucing terlihat sangat loyo atau mengantuk dan bahkan penyakit diare atau mencret pada kucing lebih dari seminggu segera bawa si puss ke dokter hewan.

Sobat catlovers, itulah penyebab dan cara mengobati kucing yang terkena penyakit diare atau mencret yang dapat anda praktekkan sendiri di rumah anda. Semoga informasi yang kami berikan dapat membantu permasalahan anda.

Kucing :
    kucing mencret, obat kucing mencret, obat mencret kucing, penyebab kucing mencret, obat untuk kucing, cara mengobati kucing mencret, penyebab kucing, cara mengatasi kucing mencret, obat diare kucing, kenapa kucing

52 thoughts on “Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Mencret AMPUH!

  1. Kucing ane mencret terus gan dan Tempat ane gak ada dokter hewan, kemarin udah dikasih air gula+garam (oralit) tapi gak mempan udah dikasih yogurt gak mau juga, dikasih tempe gak mau makan tolong dong gan.

    1. Kasi tempenya di rebus dulu, rebus polos aja, gausah pake garam/penyedap, cukup di air aja.. Rebus sampe tempenya wangi, trus halusin tempenya.. Trus tunggu dingin, baru kasi ke kucing.. KAlau tetep ga mau, rebus ikan(ikan seribuan aja gpp), lalu campurin tempenya sama ikan, dihalusin.. Kasi 3 kali sehari.. 2 hari mungkin udah sembuh..

    1. beli spuit di apotik banyak. kasih makanannya pake spuit dipaksa gitu di buka mulutnya makanannya di larutkan dengan air matang yaitu kuning telur mentah kemudian ditambah tempe cara halusinnya bisa di blender ato di uleg” sampai sekira halusnya bisa di sedot pake spuit. kemuadian dimasukan ke mulut kucingnya perlahan lahan dpuka mulutnya terus di masukin deh. oiya bisa ditambahkan setiap kasih makan sesendok teh madu dicampurin jaid satu. intinya si kucing jgn sampai ngga makan jadi harus dipaksakan πŸ™‚

  2. Assalamualaikum,, maaf mau tanya kmrn saya hbs ke dokter hewan buat periksa kucingku krn daun telinganya gatal serta lukanya lebar,, lalu di suntik dan di kasih anti biotik,, tp knp skrg dia muntah ada cacingnya dan diare y,, apa pengaruh dr obat atau gmn,, mohon solusinya,, gmn cara mengobatinya,,, mksh,,

  3. Kucing aq udh bbrp hari ini mencret klu dr makanan rasa gak mungkin soalnya mkanan diganti 2x sehari,mencretnya jd merajalela dimna duduk nempel jd mules liat kdg tmannya jd ikut2an mencret ..

  4. Pke diapet tau entrostop…kucing aq juga mencret..pke diapet..tpi dosisny dkecilkan..1/4..mkanny diganti ikan goreng..kasi yg seger u menstimulus nafsu makanny

  5. Kucing aku sakit uda beberapa hari..awal muntah kluar cacing n juga mncrt…q coba ksi obt cacing v ms mncrt..aku kasi obat superstra..ms mncrt juga..q uda coba ini itu..v ms skit z…tolong bntu q

  6. Ckrg kucing q lemes bgtt…gk mw makan cuma mau ny minum doank..aku gk tau rus bagai mn lg..so dsni gk ada dokter hewan..tolong bantu q.

    1. Jangan kasiy obat cacing manusia ya.. Lebih baik beli obat cacing di petshop, lebih aman untuk kucing. Aku udah pernah nyoba, alhamdulillah udah sembuh. Mencret itu bisa jadi karena kucing cacingan

  7. Kucingku msh berumur kr2 2 minggu n nsh kecil bngt.induk gk ada n ak beri minum susu khusus kucing sm ak susukan k induk kucing tetangga tp knp ya stlh d susui sm ttanggaku d campur am ank kucingx yg sakit mencrer tb2 kucingku mencret.udah ak beri lakto B sm tto ak beri susu skim kucing tp kok msh mencret ada kah yg tau obat mencret tuk anak kucing yg msh baby

  8. Kucingku mencret gara2 minum susu.tp kl mkn msih lahap,dan aktif juga.
    Biar gk mencret obat nya apa ya.? Susu nya udh gk aku ksih lg.td mlm msih ku ksih susu

  9. Halo aku mau tanya, kalo kucing pup nya mencret terus sering muntah makanannya tp ga ada cacingnya apa itu tanda diare juga? Pengen kasih obat cacing takutnya makin mencret. Skrg anak2nya umur 2bln ikutan mencret malah kadang ada darahnya, padahal beberapa kali sebelumnya padat pup nya. Tapi mereka masih aktif, makannya banyak banget! Mencret semenjak mulai belajar makan. Kucing aku ini kucing kampung yg tadinya sering di jalanan, jd blm pernah aku kasih obat cacing sama sekali. Ada saran ga mending aku kasih obat cacing apa ga? Atau krn makanan ya, bingung.

  10. Hallo, Aku mau tanya dong aku kan baru banget adop kucing , tp dia masih baby umurnya br 7 Minggu, Dua bulan kurang jd belum aku vaksin, sudah 4 Hr pupnya mencret ( lembek ) awalnya aku fikir karna aku kasih susu growssy tp setelah aku stop dia masih pupnya lembek. trus hari ini dia muntah sedikit. tp nafsu makannya masih lahap banget. dan masih lincah banget lari sana sini ngajak bercanda gigit2, cuma aku panik banget . Itu kenapa ya. mohon dibantu karna aku masih newbie πŸ™‚ makasih

  11. Kucingku sakit. Lemes banget gr2 mencret2 dan muntah. Udh aku kasih susu dan dia bergerak sedikit2 tapi lemes lg. Dan skrg dia sekarat tp nafas ny masih ada. Gimana cara ngatasi nya. Mohon bantuan nya. Sedih liat nya. Pengen nangis.😒😒😒

  12. Gan kucing saya mencret terus tapi kalo makan banyak .. Kucing saya bab sehari bisa lbih 10 kli gan ga kaya kucing yg lain aku perhatikan yg lain 2 3 kali saja sehari

  13. Kitten sy ada 6 mencret sm muntah” semua.. Ada cacing nya.. Yg 1 td pg mati..padahal sy udh kasih obat cancing.. Makan sy spotin ati ayam yg d rebus kadang d selingi telor + madu.. Tp tetep aja mencret dan lemessss gmn ya.. Kalo obt mencret nya d ksh apa y

    1. Kayanya itu krna virus panleukopenia…bukan hanya karena cacingan…kalau cacingan biadanya makan masih mau hanya diare… Kalau sufha ada yg mati sebaaiknya semuanya dibersihin dulu kandang dan smua peralatan biar g mrnular ke kuving lain.

  14. Kucing aku masih kecil, udah hampir semingguan pupnya air, trus anus nya juga sampe merah bengkak gitu. Dikasih apa yaa biar sembuh. Gak tega liatnya :'( yg ampuh yaa.

  15. Assalamualaikum.
    Maaf ana butuh pencerahan.
    Kucing ku makanya banyak tapi bawaannya lapar terus gan. Padahal perut sudah besar. Tapi tetep masih minta makan lagi. Parahnya bedanya tetep kurus. Poopnya mencret. Anussnya merah. Apa solusinya. Terimakasih

  16. Kucing diaree. Udh smnggu. Suntik + obat dokter 1 hr aja sehat. Bsk2 nya kambuh lg. Udh saya ksh berbagai macam obat diare kucing jg tdk mempan. Tp makan rakus banget. Pakan nya RC. Mnum jg normal. Tp tidm pernah muntah. Atau ada cacing d pup nya. Dksh wetfood ga mau. Maunya RC aja. Help dong

  17. Kucing mencert dan sering munta bulu …tapi sdh 2kali dia mutah kuning …
    Ini knapa yaa …trus obat apa yg harus saya minum kan ?? Bantu donk

  18. Mlam. Kucing ku udh sminggu mencret trus smnjak d tnggal ibu sm saudara nya mati kracunan. Sblum mncret aq ksih susu bsokx mncret Udh ku ksih lacto B sm lofamit tp tetap aja mncret.. Mkan nya lahap bnget msih aktif maen2 loncat2. Tp e’ekx muler cair kmna2 smpe skrng pntatx ber air gtu. Gmn dong mnt tlong bntuan nya. Obt ap yg cocok. Mksiihh 😊😊😊

  19. Mau tanya, induk kucing aku mencret, kadang tanpa dia sadar kotoranya keluar sendiri waktu duduk atau dia jalan. warna nya seperti hijau lumut gitu, itu kenapa yah ? Kalo makanan gapernah di ganti…

  20. Muntah kuning itu karena firus penlunomia, kucing ku sudah mati 3. ni q masih merawat anaknya, rasanya sakit melihat ibu kucing 2 ku mati. Kmren anaknya ada yg sakit 3,tp alhamdulillah sdh membaik, q kasih obat suportif separuh, q larutin di air lalu q minuman pke pipet. Lalu q kasih obat penambah nafsu makan dosis setengah. Semoga kucing 2 ku kembali sehat amin

  21. Gan kucing saya beberapa hari ini diare tapi nabsu makannya masih bnyak, dan gak lemes jg duahari ini udah saya kasih tempe sempet sehari gak pup tapi hari ini pup dan msih diare, saya harus gmn biar gak diare lg kucing saya

  22. Kucing aku mash kitten dia jadang pupnya cair gtu bisa dibilang mencret tapi warnya mash bagus kuning dan ga bau banget. makannya juga mash lahap dan minum susunya jga kuat dan dia masih lincah bahkan terlalu lincah hahaha … aku jadi bingung kenapa pupnya cair gtu. ada yang tau? atau pengaruh lebh banyak minum susu dari makan?

  23. Gan mau tanya ni. Si puss aku muntah bulu udah 2 kali dan muntah kuning 2 kali dan diare juga. Cara ngatasinya gimana ya..??si puss akunkelihatan lemes han.

  24. Mohon bantuannya dong, kucingku baru sebulan.. Aku baru adopsi, tadi dua hari dirumah dia sudah diare.. Awalnya baik baik saja, tapi mulai tadi malam sampai siang ini diare.. Itu karena stress atau bagaimana ya??

  25. Gan kucingku mrncret terus kalo kalo aku perhatikan lebih cermat kaya ada merah merahnya gitu, kucingku jadi kaya klelarkleler gitu gan. Apa ya solusinya. . .sekedar info tempatku gak ada dokter hewan dan petshoop,maklum di pendalaman gan.

  26. Kucing aq ud lbh dr smggu diare. Kondisi ny ttp seger mkn jg masih biasa bnyk. Ud aq cb obati mulai dr puasa 12 jam, mnm obat cacing kucing, ksh yogurt, smp aq mnmin diapet sm tolak angin ank πŸ™‚ smua gak mempan. Aq ksh tempe sm ikan tongkol yg aq kukus sblm ny sdh mulai berbntuk pubny aq ksh sdkt mkanan kering yg biasa dia mkn. Sdh agak padat pub ny bgtu aq lepas tempeny mulai encer lg pub ny ini knp yah… ad mslh dg lambungny atau stress atau krn blm di vaksin… tlg infony.thx

  27. Halo. Mau tanya dong kucing ku kan udah 3minggu ngelahirin gitu, terus dia jarang makan gitu padahal biasanya lahap bgt ku pikir itu efek dari dia abis melahirkan. Pas 2 hari kemaren dia mulai lahap makannya tapi pupnya sering keluar sendiri terus dia jilat biasanya kalo dia pup yaa pup aja di luar rumah terus sekarang dia jadi ga mau makan samsek. Takut mau ngasih obat diare soalnya dia masih nyusuin anak2nya dan anak2nya pun pada rakus2 semua sama susu induknya,- ini normal karena dia abis ngelahirin atau gimana yaa? *belum bawa ke dokter si soalnya dokter susah nyari di sini mohon bantuannya

  28. anak kucingku kenapa ya, baru adopt sekitar 3 hari lalu, pagi tadi dia masih aktif tapi agak2 menyendiri, terus siangnya menyendiri terus2an di belakang… poop.mya agak encer gitu, apa dia mencret ya??sering pipis juga…😭😭perutnya juga gede, tapi makannya tetap lahap…. aku bingung banget.. help donk, ini gimana …. masih newbie juga

  29. Hai, kucingg aku baru hari ini sihh kena diarenya dia tapi gk mau makan apa apa, minumm juga gk mau, jadi gimana ya ngatasinya? padahal kandangnya bersihhh, dan semalem malam juga masihh sehat sehat aja, tapi entah kenapa pagi ini jadi kayak ginii

  30. Klo kucingku aku kasih tempe+kuning telur+makanan basahnya . Alhamdulillah kucingku mau makan . Tp karena aku kasih makanan kering yg beda, dia mencret lg .

  31. Tlg gan,,,aq gk tau apa yg trjdi ma kucing’q ni. 2 hr yg lalu tiba2 aja kucing’q jd males2an spt gk brsemangat gitu,trs kmrn bdnx mendadak panas n sluruh bdnx bengkak smp kwajahx.mulutx pucat btl,makanx sdkit tp msh bs jln sana sini.aq bingung kucing’q tu skt apa n obat apa yg musti aq kasi,,,dsini gk da dokterx jd smentara ini cm atibiotik aj yg qminum kn.tlg saranx gan ?

  32. mau tanya gimana cara mengatasi kucing mencretpupp nya,,trus dia sukanya tiduran terus kurang aktifgtu,,, tapi makannya mah lahap

  33. Ass. Mlkm teman.
    Sekedar nambahin keluhan keluhan kucing kesayangan.
    Sangking Besarnya perut, kucing aku susah jalan Teman… Kaki belakangnya ngangkang kalau jalan. Gak tega liatnya 😒
    Kucing aku berumuran 1 bulannan.
    Sebelumnya kucing aku terkena diare, setiap ee selalu Ada cacingnya.
    Beberapa Hari ini normal Kayaknya.
    Sesekali Keras ee nya.
    Sesekali lembek tapi Tidak mencret.
    Terus buntutnya selalu menonjol…
    Apa Dia kesusahan Buang ee nya Ya teman??
    Apa yang harus Aku lakukan?

  34. Di sini kucing liar pada mati.. Ngk tega aku liat nya. Awalnya diare trus ngk lama pada mati.. Please ksh apa ya kasian biar kucing liar juga ngk tega lit nya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *