Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Terkena Jamur

Posted on

Hayoo ada yang tau ga yah? Kenapa Kucing Bisa Terkena Penyakit Jamur? Kami Memiliki Solusinya! – Ini merupakan salah satu penyakit yang cukup menyebalkan dan suka terjadi pada kucing peliharaan anda yaitu jamuran. Penyebab kucing terkena jamur adalah disebabkan oleh virus Ringworm atau jenis jamur yang biasanya hidup di bagian bulu dan kulit.

Berikut  ciri-ciri kucing catlovers terkena penyakit jamur yaitu bulu kucing mulai rontok bahkan bisa membotak, nah terkadang kulit menjadin kering dan mirip seperti ketombe di bulu kucing. Tidak hanya itu saja, kerontokan, kulit kering yang terkelupas terlihat seperti sisik dan pada daerah bulu yang rontok terlihat kulitnya berupa iritasi berwarna kemerahan seperti gatal atau terluka.

Baca juga: Macam-macam dan Cara Mengatasi Penyakit Kulit Pada Kucing

Cara Mengatasi Kucing Terkena Penyakit Jamur
Gambar kucing terkena penyakit jamur di seluruh bagian kepalanya.

Penyakit jamuran pada kucing ini apabila kita biarkan pada kucing, ini dapat menularkan kepada kucing anda lainnya melalui kontak kucing secara langsung atau dalam satu rumah. Virus bernama Ringworm ini akan menyebar pada bagian bulu atau tempat seperti layaknya kandang, tempat makan kucing, lantai, sisi kucing dan lain sebagainya. Bagi pecinta kucing, usahakan untuk terus menjaga tempat atau kandang kucing kesayangan anda dan lingkungan agar tetap bersih.

Apabila kucing kesayangan pecinta kucing sudah terkena penyakit jamur Ringworm ini, cobala beberapa cara yang maniakucing rekomendasikan untuk mengobati penyakit jamur yang cukup membandel pada kucing ras persia, anggora, maine coon,scottish fold dan jenis kucing lainnya.

Yuk, mari kita simak informasi selengkapnya:

Cara Merawat Kucing Terkena Penyakit Jamur Ringworm

Obat Minum atau Digunakan untuk Membasmi Kucing Jamuran

– Fluconazole

Fluconazole obat ini merupakan obat minum untuk mengobati kucing terkena jamuran. Pecinta kucing dapat memberikan kepada kucing yang menderita penyakit kulit(jamur) dari ringworm setiap hari sampai dua hari sekali selama satu minggu sampai sembuhh! Namun ada efek samping pada obat ini yaitu gangguan hati. Maka harus anda PERHATIKAN KERAS, jangan berikan obat ini kepada kucing yang sedang hamil !

– Itraconazole

Ada obat yang dapat menyembuhkan kucing kesayangan anda dari penyakit jamur di kulit yang cukup membandel. Pemberian obat jamur ini 2 x 2 minggu dan diberikan dengan makanan berlemak agar penyerapan obat kucing lebih maksimal. Namun ada efek sampingnya  yaitu akan membuat si puss mengalami nafsu makan menjadi menurun dan disertai muntah-muntah. Usahakan catlovers juga tidak memberikan obat ini pada kucing indukan yang sedang hamil

Baca juga: Penyebab dan Solusi Kucing Tidak Mau Makan (Terbukti Manjur Banget!!!)

– Ketoconazole

Obat kucing ini cukup dikenal untuk mengatasi kucing jamuran yaitu Ketoconazole. Obat kucing ini dapat diberikan saat anda memberikan makanan yang berlemak dan memiliki fungsi agar penyerapan obat lebih baik. Di setiap obat pasti memiliki efek samping, begitu pula dengan obat ini. Kucing akan mengalami mual-mual disertai muntah dan nafsu makan akan berkurang(menurun) bahkan hilang untuk beberapa saat.

Obat dari Luar untuk Kucing yang terkena Jamur

– Bedak atau Obat Oles

Anda bisa menggunakan obat oles atau bedak ini untuk meredakan penyakit jamuran di kulit kucing. Saya rekomendasi menggunakan minyak VCO (Virgin Coconut Oil) dan bisa ditemukan di apotik-apotik terdekat di kota anda. Minyak VCO ini cukup aman bagi kucing yang menderita penyakit jamuran dan tidak hanya itu saja, obat ini juga dapat mengatasi bulu rontok pada kucing.

– Lime Sulfur 0.5 – 5%

Lime sulfur atau biasa disebut nama belerang merupakan obat yang cukup terkenal untuk mengatasi penyakit kulit atau jamur. Cara penggunaanya pun cukup mudah, yaitu dengan cara mencelupkan kucing ke dalam larutan belerang ini hingga merata ke seluruh tubuh. Setelah itu, keringkan bulu kucing atau badan kucing dengan handuk yang bersih. Pada dasarnya kucing tidak semua takut dengan air, jika kucing anda takut dengan air, anda bisa menggunakan spray atau semprotan yang mengandung larutan belerang yang dapat anda temui di petshop terdekat di kota anda.

– Shampoo

Selain kedua obat diatas, anda dapat menggunakan shampoo khusus kucing yang memang digunakan untuk mengatasi jamur pada kucing. Biasanya shampoo tersebut sudah mengandung Pavidone Iodine dan sulfur yang anda bisa dapatkan atau membelinya di petshop atau di apotik. Shampoo tersebut dapat membasmi jamur-jamur seperti jenis Trichophyton dan Microsporum yang dapat memicu jamur ringworm pada kucing.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Mencret atau Diare

Nahh, sekarang anda tau kan? itulah penyebab dan cara mengatasi kucing terkena jamur. Agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal gunakanlah salah satu cara diatas dan melakukanya secara teratur agar virus ringworm yang menjangkit pada kucing kesayangan anda lagi. Selamat mencoba, semoga bermanfaat!

Kucing :
    penyakit kulit pada kucing, penyakit ekor ku, Ciri ciri kucing jamuran, cara mengobati kucing berjamur, cara mengobati penyakit kulit kucing, pnyakit gatal2 pada kuci, mengatasi kutulis pada kucing, https://maniakucing com/cara-mengatasi-kucing-terkena-penyakit-jamur/, hidung kucing berjamur, ciri kucing kena jamur
Klik Untuk Share !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *