8 Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Posted on

Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan – Cara mengatasi kucing tidak mau makan menurut banyak orang memang sangat susah karena kita tidak tau apa yang diinginkan oleh kucing sampai tidak mau memakan makanan yang sudah disediakan. Lalu bagaimana cara mengatasi kucing yang tidak mau makan dan apa saja akibatnya jika dibiarkan begitu saja. Mungkin anda membutuhkan tips serta penjelasannya.

Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan
Gambar Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Bagi anda pecinta kucing dan mempunyai peliharaan tersebut, sangat diwajibkan untuk mengetahui cara mengatasi kucing gak mau makan serta apa saja penyebabnya hingga dapat seperti itu. Mulai dari terkena penyakit sampai bosan memakan makanan itu-itu saja. Di bawah ini akan dijelaskan secara lengkap dan detail mengatasi hal tersebut agar tak terulang kembali.

Cara mengatasi kucing yang tidak mau makan

Kucing adalah binatang perliharaan yang sering dijumpai dirumah pecinta hewan. Selain lucu dan manja, kucing juga sangat mudah dipelihara. Namun jika ia sedang tidak mau makan maka itu akan menjadi masalah bagi si pemilik apalagi jika tak tau bagaimana cara mengatasinya. Dibawah ini telah disajikan cara mengatasi kucing yang tidak mau makan dan minum

  1. Menyuapi makanan dan memanjakan kucing

    Mungkin sesekali si kucing tidak enak badan sehingga malas untuk bergerak dan melakukan hal apapun, dengan menyuapi dan memanjakannya merupakan cara mengatasi kucing sakit tidak mau makan yang paling ampuh. Bisa menggunakan sendok kecil maupun sedotan, yang penting perutnya terisi agar bisa meminum obat untuk kesembuhannya.

    Jika masih tak mau makan juga, maka beri air hangat di makanannya agar terasa lembut dan si kucing bisa dengan mudah menelannya secara perlahan. Suapi ia secara lembut jangan terburu-buru untuk mencegahnya tersedak dan sesekali memanjakan supaya tetap nyaman ketika sedang makan dan minum. Anda bisa melakukan itu selama ia tak memberontak dan marah.

  2. Memberi vitamin kucing

    Memberikan vitamin untuk si kucing merupakan salah satu cara mengobati kucing lemas tidak mau makan. Sama seperti manusia yang diberi vitamin tambahan saat susah makan dan gampang capek. Sehingga nafsu makan akan bertambah dengan sendirinya. Selain itu juga dapat berfungsi mencegah virus herpes dan flu yang sering menyerang kucing peliharaan.

    Jika bingung mencari vitamin apa yang cocok, segera kunjungi apotek terdekat ataupun petshop yang ada di kota anda. Jika membeli di toko obat, maka wajib memilih vitamin khusus anak-anak karena takarannya yang lebih tepat. Misalkan vit.B lysin dan kompleks yang dapat menambah nafsu makan. selamat mencari dan mencobanya kepada kucing peliharaan anda.

  3. Ajak si kucing bermain

    Seperti halnya manusia yang perlu diperhatikan dan dimanjakan, kucing juga membutuhkan hal serupa. Semua itu berguna supaya si kucing tak merasa stress dan menolak ketika anda memberikan makanan ke mulutnya. jika terjadi hal seperti itu maka cara mengatasi kucing stres dan tidak mau makan yang tepat adalah dengan mengajaknya bermain atau jalan-jalan.

    Anda dapat mengajak bermain si kucing ke taman bermain ataupun berjalan-jalan disekitar rumah agar tak membuatnya pusing dan bosan didalam rumah. Selain itu anda bisa membawanya ke tempat teman yang juga mempunyai kucing peliharaan, mungkin bisa melakukan perkawinan dengan jenis lainnya. Sehingga peliharaan anda tampak bahagia.

  4. Menggunakan alat suntik untuk makan

    Jika kucing peliharaan anda masih kecil maka gunakanlah alat suntik sebagai altenatif untuk mengatasi susah menelan dan menolak makanan. Anda memerlukan alat yang bersih dan baru dengan isi yang kosong, setelah itu di tambahkan dengan makanan yang cair. Peganglah si anak kucing dengan pelan dan lembut, kemudian masukan alatnya ke mulut lalu suntikan.

    cara mengatasi anak kucing tidak mau makan dengan alat suntik memang tak selalu berhasil, karena hewan peliharaan anda bisa saja menolak untuk makan lagi. Jika hal itu terjadi, anda perlu membeli alat suntik sebanyak mungkin untuk disimpan agar dapat digunakan setiap saat. Jangan hanya memakai satu alat saja yang bisa membuat si kucing lebih cepat terkena virus.

  5. Sediakan ruang yang nyaman

    Hal yang paling bisa membuat nyaman si kucing adalah ruangan tempatnya beristirahat. Apalagi ketika pertama kali diadopsi, pasti mengalami adaptasi yang sangat susah karena lingkungan baru yang masih terasa asing. Jika sudah nyaman, maka jauhkan lingkungannya dari hewan-hewan nakal dan liar lainnya yang bisa mengganggu kehidupan baru hewan peliharaan anda.

    Tempat yang nyaman dan aman juga salah satu cara mengatasi kucing tidak mau makan dan lemas karena belum terbiasa di lingkungan yang baru. Jika masih menolak untuk makan juga, pasti ada sesuatu yang masih menggganggu di ruang istirahatnya. Segera selidiki dan hilangkan hal tersebut. Jika sudah merasa lebih baik dan tentram, beri makanan secara teratur tiap hari.

  6. Tube feeding

    Saat kucing peliharaan anda merasa mual dan selalu mengeluarkan kembali makanan serta minumannya, maka tube feeding merupakan cara mengatasi anak kucing yang muntah dan tidak mau makan terampuh. Hal tersebut sangat direkomendadikan oleh semua dokter hewan untuk dilakukan pada kucing peliharaan anda jika sudah mengalami keadaan seperti itu.

    Cara tersebut dilakukan dengan memasukkan semua makanan langsung kedalam perut si kucing melalui selang khusus. Hal itu hanya digunakan untuk hewan yang tak mau makan serta susah untuk menelan atau mengunyah apapun yang masuk ke mulutnya. Apabila terjadi pada anak kucing, sebaiknya menggunakan dot untuk memasukkan minuman pengganti susu ibunya.

  7. Beri makanan khusus kucing

    Si kucing  harus dikasih makan khusus agar tidak mencret seperti hewan liar yang memakan semua makanan didepannya. Selain itu berilah nutrisi yang dapat membuat tubuhnya selalu terlihat penuh energi dengan kondisi prima. Jika masih saja susah untuk makan dan tetap mencret, segera hubungi petshop yang anda kunjungi saat membeli makanan merek kucing.

    Mungkin cara mengatasi kucing tidak mau makan yang satu ini tergolong berat, karena harus mengeluarkan lebih biaya untuk membeli makanan kucing dengan merek khusus. Tetapi itu merupakan hal yang sangat penting agar hewan peliharaan anda tidak menolak untuk makan lagi. Sama seperti hal nya manusia yang kadang sedang dalam mood baik ataupun buruk.

  8. Bawalah si kucing ke dokter hewan

    Jadilah pemilik hewan yang baik, jika peliharaanmu sedang sakit atau susah untuk makan karena terdapat masalah di perut atau yang tidak anda ketahui segeralah bawa ia ke dokter hewan terdekat. Disana pasti akan dikasih tau mengenai cara mengatasi kucing mencret dan tidak mau makan karena masalah lambung yang selalu membuatnya terlihat mual dan pucat.

Nah, cara mengatasi kucing tidak mau makan yang ada diatas tidak terlalu susah kan? Apakah anda sudah paham dan mulai tertarik untuk memelihara kucing? Bagi anda para pecinta hewan tersebut, sangat disarankan untuk lebih memperhatikannya terutama dalam hal makanan. Jangan lupa untuk lebih perhatian kepadanya agar tak merasa bosan dengan anda. Terimkasih.

Kucing :
    https://maniakucing com/cara-mengatasi-kucing-tidak-mau-makan/, cara mengatasi kucing persia tidak nafsu makan, obat alami buat kucing yg susah makan dan minum, cara mengatasi anak kucing yg tak mau makan, cara herbal mengobati kucing gak mau makan, vitamin agar kucing tdk stress, vitamamin untuk anak kucing tidak mau makan, mengatasi kucing stres tidak mau makan, saat kucing tidak mau makan sebaiknya diberi apa, apa penyebab kucing susah makan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *