17 Cara Menghilangkan Kutu Kucing AMPUH!

Posted on

Cara menghilangkan kutu pada kucing sebenarnya gampang-gampang susah lho! Kenapa gampang-gampang susah? Ya gampangnya itu ketika kutu yang masih menempel pada bulu kucing yang sudah dimandikan itu dengan disisir saja bisa terangkat kutunya, tetapi untuk menghilangkan telur kutu pada anak kucing itu sangat susah. Karena kita harus menggunakan tangan untuk mengambil satu-persatu telur kutunya.

Cara Menghilangkan Kutu Pada Kucing
Gambar bulu kucing yang terkena kutu kucing.

Kutu kucing akan mengakibatkan iritasi hingga infeksi lho! Jika si kucing sudah menggaruk bagian leher, cobalah kamu untuk mencari tahu apasi penyebabnya?

Nah, jika kamu sudah tahu ternyata ada kutu pada bagian lehernya, kamu jangan panik, kamu bisa mencoba beberapa solusi cara menghilangkan baik itu kutu maupun telur kutu pada kucing dan anaknya secara alami. Yuk Simak artikelnya!

Cara Menghilangkan Kutu Pada Kucing Dengan MUDAH!

Buat kamu yang masih awam dalam merawat kucing, kamu bisa mengikuti cara ini yang bisa dilakukan sobat pecinta kucing dirumah. Ingat! Bahwa jangan berpatok dengan cara disini saja, mungkin kamu bisa menemukan cara yang lebih simpel menurut kamu sendiri setelah mencoba beberapa cara yang ada di artikel ini.

  1. Minyak Telon atau Tawon
    Minyak ini bisa mengatasi kutu kucing lho! Kamu hanya mengusapkan minyak tawon atau telon pada bagian yang terkena kutu. Biasanya di sela-sela seperti di ketiak kucing, jangan khawatir! Ini sangat aman bagi hewan peliharaan.
  2. Bedak Anti Jamur atau Spray Anti Kutu
    Nah, jaman sekarang memang banyak sekali kemajuan dalam obat-obatan termasuk obat untuk mengatasi kutu pada kucing, contohnya spray anti kutu serta bedak anti jamur. Untuk spray sendiri tidak disemprotkan pada hewan peliharaan sampai basah, itu bisa berdampak buruk untuk kesehatan kucing. Jadi, kamu cukup membaca ketentuan pada kemasanya, biasanya si digunakan seperlunya saja yang pastinya tidak berlebihan dan tidak kekurangan. Oh iya! Kamu tidak boleh menyemprot pada area mata, mulut dan muka kucing ya!
  3. Suntik Ivermectin
    Untuk suntik ivermectin ini biasa digunakan untuk membasmi kutu atau cacing dewasa, tetapi tidak membunuh telurnya. Nah agar kamu bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal, kamu bisa menyuntiknya 3 kali dalam waktu 3-4 minggu. Tetapi cara ini lumayan beresiko dan lebih baik dibawa ke dokter hewan agar lebih aman.
  4. Obat Tetes Pembasmi Kutu
    Obat ini bisa kamu gunakan dengan cara meneteskan obatnya pada tengkuk kucing atau leher bagian atas, hal ini dikarenakan agar kucing tidak bisa menjilat bagian tersebut. Cara agar pembasmian kutu bisa secara tuntas, kamu bisa melakukan pengulangan cara ini satu bulan kedepan serta untuk pencegahan, kamu bisa menggunakan 2-3 obat tetes kutu per tahunya lho! Ingat sebelum menggunakan obat tetes ini di usahakan kamu membaca aturan pakainya terlebih dahulu, karena obat jenis ini tidak dianjurkan untuk anak kucing usia dibawah 2 bulan.
  5. Alat Mandi Anti kutu dan Jamur
    Yuhuuu! Benar, cara ini sangat banyak digunakan karena kemudahan dalam menggunakanya. Saat kamu memandikan kucing kamu bisa menggunakan shampoo anti kutu serta jamur yang bisa di dapatkan di pet shop terdekat di kota kamu. Hal ini tidak hanya membersihkan kutu saja lho! Tetapi juga membasmi sampai ke telur-telur kutu yang menempel pada bulu atau kulit kucing.

    Cara penggunaanyapun sangat mudah, ini seperti memandikan kucing biasa dengan mengusapkan shampoo ke seluruh tubuh sampai merata dan bilas dengan air hingga bersih, jika sudah di rasa bersih kamu juga bisa mengusapkan shampoo lagi sampai merata dan kamu tunggu 5 menit kemudian bilas lagi sampai bersih. Untuk penggunaan ini kamu bisa memandikan kucing 2 minggu sekali (rekomendasi) ingat hanya memandikan. Jika ada kutunya, kamu cukup 1 bulan sekali dalam penggunaan shampoo anti kutunya.
  6. Tanah diatom
    Kenapa? Ya, karena ini juga bisa membantu kamu untuk menyingkirkan kutu kucing. Caranya cukup mudah, kamu hanya memberikan sedikit tanah diatom di daerah yang rawan kutu. Ingat! Daerah, berarti lingkungan seperti di kandang kucing, di dekat litter box,dan tempat lain yang memang mudah  di tempati kutu kucing.
  7. Lemon
    Pasti sangat banyak yang bertanya “kenapa lemon juga bisa untuk menghilangkan kutu kucing?” Ya bisa, kalau tidak percaya kamu bisa mencobanya sendiri dirumah. Caranya gampang kok, kamu tinggal mengambil satu panci air mendidih kemudian masukan setengah buah lemon ke dalamnya. Tutup panci, kemudian biarkan air menjadi dingin dan lemon yang sudah dimasukan larut sepenuhnya.

    Setelah dingin kamu tuangkan larutan lemon tadi ke dalam botol semprot. Taraaa! Jadi, kamu tinggal mensemprot ke kucing setiap hari dengan larutan ini. Karena kutu sangat tidak menyukai aroma jeruk lemon dan tidak akan mengganggu kucing kamu lagi! Dan ini merupakan cara ini alami. Oh iya, kamu juga bisa menggunakan cuka sebagai pengganti lemon dan caranya dengan di semprot-semprot lagi.
  8. Membersihkan Lingkungan Kucing
    Jelasss! Ini sangat penting, karena kebersihan bisa membuat kucing kamu menjadi lebih sehat serta terhindar dari penyakit apapun. Kamu harus mengontrol kebersihanya setiap hari bahkan setiap saat, agar kesehatan kucing terjamin dan terbebas dari kutu!
  9. Membersihkan Lingkungan
    Cara sepele ini memang sangat amph untuk menghilangkan kutu kucing di sekitar rumah dan seharusnya ini wajib untuk dilakukan, jika lingkungan kita bersih, kemungkinan kecil si kutu akan menyerang lingkungan dan bahkan tidak ada.
  10. Tanah Diatom
    Jangan salah tanah diatom ini memang sangat berguna banget untuk mengusir kutu kucing di sekitar area rumah kamu loh! Kamu juga bisa membeli tanah jenis ini di petshop atau di onlineshop (marketplace) yang sudah terpercaya. Cara penggunaanya pun sederhana, tinggal taburkan sedikit di lingkungan tempat tinggal serta kandang kucing agar terhindar dari kutu.
  11. Obat Kimia
    Perlu diingat bahwa penggunaan obat kima yang berlebih sangat DILARANG!! memang cara ini ampuh tetapi jika berlebihan akan membuat kucing kamu dalam kondisi sangat berbahaya. Contohnya Spray Anti Kutu, nah ini tidak boleh disemprot sampai bulunya basah, cukup gunakan sedikit saja dan pastikan harus sesuai dosis serta cara pemakaianya yah!
  12. Memberikan Bedak
    Kebiasaan turun temurun memang sulit dihindari, penggunaan bedak yang diberikan kucing itu tidak boleh, tidak bolehnya bagaimana? Ketika kucing diberikan bedak lalu dimandikan maka kucing biasanya muntah-muntah dan malah bisa alergi lho! Lebih baik pemakain bedak untuk membasmi kutu kucing ini jangan dilakukan karna bisa berakibat fatal jika salah dalam penggunaanya
  13. Minyak Kayu Putih
    Loh!? Kok minyak kayu putih si? Kan sama dengan minyak telon? Eits tunggu dulu, minyak kayu putih dan minyak telon itu berbeda loh! Memang si sama-sama fungsinya untuk menghangatkan tubuh dan agar tidak mengalami kembung.
    Bagi yang belum tahu bahwa minyak telon berfungsi untuk memberikan rasa hangat, menghilangkan rasa pegal, melancarkan peredaran darah serta aroma nya dapat mengobati pusing, masuk angin dan membantu relaksasi.
    Untuk minyak kayu putih ini terbuat dari hasil penyulingan, kalau minyak telon terdiri dari 3 komposisi yaitu minyak adas, kayu putih dan kelapa. Tetapi kalo minyak kayu putih dari penyulingan daun dan rantin tanaman kayu putih.
    Lalu cara penggunaan untuk menghilangkan kutu kucing yaitu oleskan pada sela-sela tubuh kucing dan yang terdapat gumpalan bulu kucing karena biasanya disitu kutu kucing berada dan perlu diingat bahwa jangan gunakan di area indra pada kucing! karena sangat sensitif terlebih lagi hidungnya!
  14. Cuka Apel
    Cuka ini memang dari sari buah apel lho! kamu juga bisa menggunakan ini, kenapa kok bisa? Ya karena cuka dari sari apel ini memang baunya busuk dan pastinya tidak disukai kutu kucing. Ramuannya pun menggunakan sari buah apel serta air dengan perbandingannya 2:1.
  15. Garam
    Wahh! Multifungsi banget nih, selain untuk memasak garam juga bisa untuk menghilangkan kutu kucing lho! Lebih khususnya untuk larva serta telur kutu pada bulu kucing. Gimana si cara makenya? Caranya gampang kok tinggal campurkan saja garam dengan air hangat yang cukup, kemudian rendan si kucing di larutan air hangat yang sudah dicampurkan dengan garam tadi.
  16. Lidah Buaya
    Lah kok lidah buaya? Nah, lidah buaya yang di jus juga bisa dijadikan sebagai obat kutu kucing secara alami dan ampuh banget lho! Cara yang satu ini memang salah satu cara yang wajib untuk kamu cobain dirumah untuk mengusir kutu kucing. Caranya kamu cukup menyediakan lidah buaya yang kemudian di jus ditambah sedikit cabe rawit kemudian dimasukkan kedalam botol semport sebagai semprotan anti kutu kucing.
  17. Air Cuka
    Perlu kamu ketahui bahwa kutu kucing tidak menyukai aroma cuka loh! Kamu juga bisa menyampurkan cuka dan air ke dalam panci dengan perbandingan 50:50 atau seimbang yang kemudian hangatkan dengan api sedang. Kalau sudah jadi kemudian taruh airnya yang sudah tercampur cuka ke dalam botol semprot. Kamu bisa semprotkan di bagian tubuh kucing yang ada kutu kucingnya.

Selesai sudah pembahasan cara menghilangkan kutu pada kucing, semoga cara ini bermanfaat bagi pecinta kucing semua yaa! Jangan lupa untuk membagikan atau share artikel ini agar teman-teman pecinta kucing lainnya mengetahui informasi yang bermanfaat ini.

Kucing :
    cara menghilangkan kutu kucing, cara menghilangkan kutu pada kucing, obat kutu kucing, menghilangkan kutu kucing, cara menghilangkan kutu, cara membasmi kutu kucing, cara menghilangkan kutu di kucing, kutu kucing, https://maniakucing com/cara-menghilangkan-kutu-kucing/, menghilangkan kutu pada kucing
Klik Untuk Share !

3 thoughts on “17 Cara Menghilangkan Kutu Kucing AMPUH!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *