7 Cara Mengobati Kucing Sakit Demam Panas

Posted on

Cara mengobati kucing sakit demam yang memang suhu badan yang cukup tinggi ini bisa dapat membantu kekebalan tubuhnya agar berfungsi lebih efektif, akan tetapi demam yang cukup tinggi juga memiliki efek yang merugikan bagi si kucing lho!

Cara Mengobati Kucing Sakit Demam

cara mengobati kucing sakit demam
Gambar kucing yang sedang sakit terkena demam.

Sebelum membahas cara mengobatinya, kamu bisa membaca ciri-ciri kucing sakit demam panas. Karena penyebabnya memang bervariasi, contohnya seperti peradangan, infeksi jamur, virus penyakit, kekebalan tubuh yang menurun, hingga alergi pada obat-obatan.

1. Memberikan Air Putih Yang Cukup

Memberi air minum ini untuk mencegah dehidrasi ketika kucing sedang demam. Kamu bisa menyediakan air minum yang banyak, nah hal ini juga merupakan salah satu tips untuk mengatasi kucing terkena demam tanpa memberikan obat.

Baca juga : Daftar Harga Makanan Kucing LENGKAP!

2. Memberi Suplemen Energi dan Vitamin B

Kamu bisa memberikan si kucing selain obat-obatan lho! Berikan suplemen energi dan vitamin B untuk meningkatkan nafsu makan kucing kamu. Pada umumnya kucing tidak mau makan karena badan kucing yang kurang sehat. Jika dibiarkan saja dan jarang makan, kondisi tubuh kucing akan semakin memburuk dan memburuk. Selain bisa untuk menambah nafsu makan, suplemen energi dan vitamin B juga bisa memberikan nutrisi yang lebih yang memang tidak didapatkan pada makanan kucing biasanya.

3. Mendinginkan Tubuh Kucing

Kenapa mendinginkan tubuh kucing juga bisa mengobati kucing sakit demam? Ya ini juga merupakan salah satu cara alternatif selain menggunakan obat yaitu dengan mendingkan suhu tubuh kucing yang terkena demam. Caranya bagaimana? Gampang kok, tinggal bawa aja si kucing ke tempat yang sejuk, atau bisa juga dengan meletakkan kipas angin ke tubuh kucing.

Baca juga : Penyebab dan Cara Mengobati Kucing Keracunan

Kalau masih kurang dingin, kamu bisa memberikan bantalan es pada tubuhnya atau cakar kucing. Nah, ketika kucing kamu tidak berontak atau rewel. Cobalah untuk membasuhkan tubuhnya dengan air, karena penguapan cukup efektif mendingkan suhu badan kucing yang berlebihan.

4. Memilih Obat Anti Demam yang Aman(Khusus Kucing)

Selain menggunakan cara alternatif diatas, kamu juga bisa memberikan obat anti-demam yang baik, salah satu obatnya yaitu tolfenamic acid, kenapa? Karena bisa menangani berbagai permasalahan demam termasuk tumor,infeksi, trauma dan jenis penyakit pada kucing lainnya.

Obat Tolfenamic acid juga bisa diberikan ke kucing yang terkena demam dengan dosis 1tablet untuk 3 sampai 5 hari dan khusus untuk berat badan kucing yang hanya 1,5kg bisa diberikan 1 tablet per hari. Nah kalau kucingnya memiliki berat badan mencapai 4 sampai 5Kg, kamu bisa memberikan 3 tablet dalam seharinya.

Ingat berikan secukupnya jangan berlebihan.

5. Obat Meloxicam

Selain menggunakan obat Tolfenamic acid, obat meloxicam juga obat yang cukup efektif untuk meredakan demam kucing loh! Obat ini tidak digunakan untuk kucing saja, tetapi untuk anjing juga bisa kok, berikan 1,5mg/ml setelah makan. Nah, ini yang terpenting, kamu harus memperhatikan dosisnya ya! agar tidak overdosis.

Kamu harus memperhatikan bahwa memberikan meloxicam pada kucing kurang lebih 0,5mg/ml agar tidak over dosis. satu hal lagi bahwa jika kucing kamu kekurangan cairan, kamu tidak boleh memberikan obat ini. Ini bisa berakibat sangat fatal dan memang berdampak gagal ginjal yang disebabkan karena kekurangan cairan sehingga fungsi pada ginjal menjadi lebih lemah serta pasokan dara pada ginjal itu kurang.

6. Tingkatkan Nafsu Makan Kucing

Karena kucing yang sedang sakit itu memang susah untuk makan, kamu harus berusaha untuk meningkatkan nafsu makan kucing agar kucing cepat sembuh dikarenakan asupan makanan banyak yang memang menjadi sumber energi utama pada kucing.

Kamu bisa membaca penyebab dan cara mengatasi kucing tidak mau makan

7. Bawa ke Dokter Hewan

Ini adalah cara jitu terakhir jika semua yang dilakukan sudah tidak memiliki harapan lagi. Setidaknya kamu menunggu dalam waktu 24 jam untuk diobati dirumah tanpa ke dokter hewan terlebih dahulu.

Jika dalam 1 hari tidak memberikan efek positif, segeralah bawa ke dokter hewan terdekat di kota kamu, agar bisa ditangani dengan cepat.

Nah, itulah 7 cara mengobati kucing sakit demam panas yang bisa diberikan oleh maniakucing.com Semoga kucing kamu cepat sembuh yaa! Dan jangan lupa bagikan atau share artikel ini ke teman-teman pecinta kucing lainnya, agar mengetahui info penting ini, sekian dan terimakasih.

Kucing :
    obat kucing sakit, obat kucing, kucing demam, obat untuk kucing sakit, cara mengatasi kucing sakit, cara mengobati kucing demam, ciri ciri kucing demam, mengobati kucing sakit, obat kucing demam, cara mengobati kucing
Klik Untuk Share !

17 thoughts on “7 Cara Mengobati Kucing Sakit Demam Panas

  1. Kucing saya badannya lemas terus kadang panas nya turun kadang panasnya lumayan tinggi kadang suka muntah aer tapi masih mau makan/minum cuma suka gaabis cara penanganannya gimana ya

    1. Kasih obat penurun panas yg alami saja…ekstrak cacing tanah fermino/vermint…satu kapsul dibuka dibagi jd 3 kapsul kecil (beli kapsul kosong di apotik yg nomer 3 yg kecil). Drpd yg kimia bahaya.

  2. Kucing saya ga mau makan ga mau minum tidur terus malam sampek ketemu malam lagi.. Ngobatinya gimana ya? Berat badannya juga mulai menurun.. Kasian liatnya

  3. Kenapa ya kucing saya tidak mau besar2, sedangkan kucing seusianya sudah besar2..
    Dan sekarang badannya makin lama makin kurus dan nafsu makan pun berkurang..
    Bagaimana cara saya mengobatinya..??

  4. Kucing sy sakit, tp masih kecil bgt, umurnya masih beberapa minggu, gimana ya cara nanganinya ?? Kasihan badannya tambah kurus krna gmau makan, suka mencret juga..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *