Penyebab dan Cara Mengobati Luka Pada Kucing (AMPUH!)

Posted on

Cara Mengobati Luka Pada Kucing – Kucing memang merupakan hewan yang mudah terluka. Nah ini seringkali dikarenakan perkelahian atau pertengkaran dalam memperebutkan wilayah kekuasaan atau memang hanya karena terkena sesuatu ketika kucing sedang bermain.

Cara mengobati luka pada kucing
Gambar cara mengobati luka pada kucing

Nah, beberapa cakaran atau luka minor lainnya sering menghiasi tubuh kucing. Luka pada kucing seringkali bukan luka serius dan pasti akan sembuh seiring dengan berjalanya waktu.

Tetapi ada beberapa luka yang membutuhkan perhatian khusus karena jika ini dibiarkan, bisa juga berdampak buruk bahkan bisa membahayakan nyawa kucing loh. Kamu harus mewaspadai kalau luka kucing terlihat tanda-tanda infeksi.

Baca Juga : Penyebab dan Cara Mengobati Kucing Keracunan

Cara Mengobati Luka Pada Kucing

Sebelum kamu mengetahui cara mengobati luka pada kucing, lebih baik kamu lebih mengenal dan mengetahui apa saja yang bisa menimbulkan infeksi luka kucing terlebih dahulu, karena Penyebab luka kucing bisa juga infeksi

Kalau infeksi karena disebabkan oleh luka akibat kontak dengan benda tertentu saja maka ada kemungkinan benda tersebut berkarat atau kotor sehingga ketika terkena luka tubuh si kucing, bisa menimbulkan infeksi.

Infeksi Luka pada kucing bengkak
Gambar kucing lehernya bengkak.

Infeksi luka pada kucing bisa saja disebabkan perkelahian karena di area mulut ataupun kuku kuciing lain biasanya menyimpan banyak sekali bakteri. Nah, bakteri inilah bisa ditularkan melalui kontak fisik sehingga terjebak dibawah lapisan kulit. Dalam beberapa hari, bakteri ini berkembang sehingga menimbulkan infeksi.

1. Tanda-Tanda Infeksi Luka Pada Kucing

Luka yang masih baru / segar dari kucing kamu biasanya ditunjukkan dengan pendarahan serta pembengkakan pada area luka. Hal ini juga bisa diikuti dengan kehilangan bulu (rontok) dan kulit yang rusak atau terkoyak (goyang, atau mau lepas / copot).

Nah, tingkah kucing juga bisa berubah menjadi lebih sensitif karena mungkin kucing sedang menahan rasa sakit yang diderita karena lukanya.

Hal-hal yang perlu kamu perhatikan jika kucing baru mendapatkan lukanya ditunjukkan dengan tanda :

  1. Adanya cairan nanah di sekitar luka.
  2. Bengkak yang bisa menyebabkan lubang pada kulit kucing dan ketika bengkak akan pecah dan mengering dengan sendirinya.
  3. Terkena Demam (ditandai dengan bada lesu dan telinganya terasa lebih panas dari biasanya).

Baca Juga : Ciri-Ciri Kucing Sakit Mata dan Cara Merawatnya

Itulah 3 tanda yang sudah disebutkan yang mungkin bisa menjadi tanda awal adanya infeksi pada lukanya. Jika hal tersebut terlanjur terjadi, kamu harus mencari tau cara mengobati luka pada kucing dan cara mengatasi infeksi luka pada kucing agar tidak bertambah parah.

2. Cara Mengobati Luka Pada Kucing Secara Alami

cara mengobati luka pada kucing secara alami
Gambar cara mengobati luka pada kucing secara alami

Beberapa cara mengatasi infeksi luka pada kucing sebenarnya tergantung pada kondisi si kucing. Nah, jika si kucing terlihat loyo atau lemah, Ini merupakan salah satu pertanda bahwa kamu wajib langsung membawanya ke dokter hewan terdekat.

Menentukan Jenis Pengobatan Luka Pada Kucing

Namun, jika tanda tersebut belum begitu terlihat, ada beberapa hal yang masih bisa kamu lakukan, seperti :

  1. Kamu bisa tekan di sekitar luka, jika terjadi pendarahan segera bersihkan dengan menggunakan kain yang steril dan bersih. Kemudian tunggu hingga pendarahannya berhenti. Lalu ambil plester dan rekatkan kain tersebut karena memindahkan kain dapat membuat pendarahan terjadi lagi, maka harus hati-hati.
  2. Kamu harus cek tubuh kucing secara menyeluruh agar tahu kemungkinan luka lain yang bisa timbul.
  3. Bersihkan dan sterilisasi bagian kucing yang terluka.
  4. Obat luka untuk kucing yang bisa kamu gunakan berupa cairan antiseptic atau air mineral bersih untuk membersihkan lukanya, lakukan secara perlahan dan saat membersihkan kamu harus hati-hati.
  5. Jangan menggunakan alkohol untuk mengobati luka pada kucing karena alkohol bisa merusak jaringan kulitnya.
  6. Kalau luka yang didapatkan pada kucing berupa goresan atau tusukan, bersihkan saja bagian pinggirnya.

Baca Juga : Cara Mengobati Kaki Kucing Keseleo

Bagus! kamu sudah melakukan beberapa langkah atau step ini, tinggal kamu melakukan observasi selama beberapa waktu. Jika kalian merasa kondisi kucing kalian tidak membaik, sangat disarankan untuk segera membawa si kucing ke dokter hewan terdekat agar mendapatkan tindakan lebih lanjut.

Dokter akan menganalisis keseriusan luka yang dialami kemudian memberikan pertolongan yang diperlukan kucing kamu. Cara mengobati luka pada kucing secara alami pada dasarnya sederhana. Tapi keselamatan kucingmu-lah yang terpenting bukan?

Baca Juga : Cara Membuat Kucing Gemuk

Walaupun demikian, perawatan itu memang memerlukan kesabaran dan ketelatenan ekstra agar kucing bisa cepat sembuh dari luka yang didapatnya. Selamat mencoba dan Semoga kucing kamu cepat sembuh yaa!

Jangan lupa bagikan atau share artikel maniakucing.com ini ke teman-teman pecinta kucing lainya, agar tau informasi penting ini. Terimakasih

Kucing :
    https://maniakucing com/cara-mengobati-luka-pada-kucing/, cara mengobati luka kucing, obat luka kucing, cara mengobati luka pada kucing persia, cara mengobati luka pada kucing, mengobati luka pada kucing, cara menyembuhkan luka pada kucing, mengobati luka kucing, cara mengobati kucing luka, cara mengobati kucing yang luka parah
Klik Untuk Share !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *