6 Cara Menjinakan Kucing yang Baik dan Benar

Posted on

Cara Menjinakan Kucing – Cara menjinakan kucing yang baik dan benar memang agak susah jika anda masih awam terhadap hewan yang satu ini. Selain menjadi peliharaan yang lucu serta menggemaskan, disisi lain ia bisa tiba-tiba menjadi bad mood. Bahkan yang paling mengerikan adalah menjadi agresif, temperamental dan sering ngambek. Maka dari itu anda harus tau tips untuk mengatasinya.

Cara Menjinakan Kucing
Gambar kucing yang sudah jinak

Bagi anda yang semakin penasaran dengan apa saja cara yang dilakukan agar si kucing dapat dijinakan jika melakukan hal yang diluar dugaan, silahkan baca tips-tips nya dibawah ini yang telah disajikan secara lengkap dan menarik. Jangan sampai anda melewatkannya karena semua jenis hewan pasti seperti manusia yang memiliki mood dalam dirinya. Let’s check this out !

Cara Menjinakan Kucing

Memang bukan perkara mudah untuk memelihara kucing. Pasti ada saja hal yang terjadi diluar perkiraan kita, seperti kucing tak mau makan, ngga bisa diajak bermain dan lain sebagainya. Berbagai strategi harus anda ketahui untuk dapat menjinakannya jika semua itu terjadi pada peliharaan anda. Berikut beberapa strategi agar kucing peliharaan dapat menuruti kata anda.

  1. Memberikan hadiah untuk si kucing

    Kucing peliharaan adalah binatang yang menggemaskan dan biasanya dipelihara sejak dari kecil. cara menjinakan anak kucing tentu sangat mudah seperti memberikan hadiah yang berguna bagi kesehariannya. Hal itu dilakukan secara rutin agar ia semakin menuruti apa yang anda perintahkan. Tentu kado tersebut otomatis akan diingatnya sehingga selalu mematuhi anda.

    Hadiah yang dimaksud bisa berupa mainan, makanan serta belaian kasih sayang dari sang pemilik. Semua itu akan membuat si kucing semakin nyaman dan merasa dirinya sangat berarti bagi kehidupan anda. Sehingga saat ia bertumbuh besar akan selalu jinak dan tidak akan membuat ulah yang diluar pikiran anda. Barang-barang tersebut bisa dibeli di petshop terdekat.

Cara Menjinakan Kucing Liar

Tidak hanya kucing dengan ras khusus yang menarik untuk dirawat. Kucing liar atau kampung juga tak kalah menggemaskan dari yang lainnya karena sifatnya yang agresif dan aktif. Namun sangat susah untuk mmenjinakkannya karena ia sering berkeliaran dijalanan dan sudah sering disakiti oleh orang diluaran sana. Sehingga mereka lebih bersikap takut kepada para manusia.

  1. Persiapkan tempat khusus si kucing

    Supaya kucing liar terbiasa dengan anda serta tempat tinggal yang baru. Persiapkan ruang khusus untuk ia beristirahat dengan tenang, seperti untuk makan, mandi, dan minum. Jauhkan dari orang sekitar dan hewan yang lainnya. Tempat buang air juga paling vital untuk disiapkan agar ia tak sembarangan dan terbiasa menggunakan kotak pasir untuk membuang kotorannya.

    Untuk permulaan agar si kucing terbiasa membuang kotorannya, gunakanlah tanah organik sebagai tempatnya. Setelah itu secara perlahan tanah itu diganti dengan pasir yang biasa digunakan oleh kucing peliharaan. Selain itu juga harus mempersiapkan tempat tidurnya yang rapi dan rapat guna mencegahnya melarikan diri dari ruang yang sudah disediakan oleh anda.

  2. Melakukan kitten trick

    Langkah ini merupakan cara menjinakan kucing liar yang paling efektif karena melatih si kucing agar tak memakai cakarnya secara sembarangan. Dengan menempatkan semua mainannya secara sejajar tepat diatas kepala dan membiarkannya untuk meraih mainan dengan kaki-kakinya. Jika sudah berhasil biarkan ia bermain sendiri dan ambil mainannya ketika bosan.

Cara Menjinakan Kucing Hutan

Pada dasarnya semua hewan dapat dipelihara dengan baik, termasuk kucing hutan. Tapi statusnya yang merupakan binatang apendik atau hampir punah membuatnya dilindungi oleh pemerintah Indonesia. Nah pertanyaan yang muncul, bagaimana bisa memelihara kucing tersebut jika dilindungi pemerintah. Berikut cara menjinakannya jika boleh mengadopsinya.

  1. Memberi pendekatan pada kucing hutan

    Sebagai salah satu hewan liar, tentu tidak bisa langsung diapdosi karena menjadi hewan yang hampir punah, perlu adanya persetujuan dari banyak pihak. Setelah berhasil diberi ijin memelihara jangan langsung dipaksa untuk jinak. Namun perlakukan si kucing secara perlahan dengan pendekatan seperti ke anak sendiri. Terlebih lagi bagi anda yang masih awam merawat.

    Berikan si kucing untuk adaptasi sendiri terhadap tempat barunya, karena itu menjadi cara menjinakan kucing galak. Setelah itu buat dia merasa senyaman mungkin ketika didekat anda, tapi sebelum melakukan itu pastikan bahwa si kucing sudah benar-benar kenal dengan lingkungan barunya. Kalau tidak begitu, akan menjadi boomerang bagi diri anda sendiri.

Cara Menjinakan Kucing Persia

Salah satu ras kucing yang sangat digemari oleh semua orang adalah kucing persia. Selain mukanya yang lucu, hewan ini juga agak mudah untuk dijinakan sehingga banyak yang ingin mengadopsinya. Namun dibutuhkan juga kesabaran untuk membuatnya menuruti apa kata pemiliknya. Jangan sampai melewatkan tips untuk menjinakan kucing yang ada dibawah ini.

  1. Bercanda dengan si kucing

    Hal yang perlu dilakukan dengan kucing persia adalah sering bercanda dengannya. Bergurau dan bermain disaat santai bisa membuat ia merasa lebih dekat dengan pemiliknya dan tumbuh perasaan nyaman yang dirasakan hewan peliharaan anda tersebut. Selain itu juga bisa dengan mengajaknya jalan-jalan supaya lebih akrab dengan anda maupun mengenal lingkungan baru.

    Jika itu sudah anda lakukan, dijamin si kucing akan semakin dekat dan tidak bertingkah nakal karena sudah jinak sedari pertama anda adopsi. Namun bila ia sedang dalam keadaan bad mood langkah yang dilakukan adalah membiarkannya bermain sendiri sampai bosan, baru setelah itu kita dekati dan mencoba untuk menyentuhnya dengan perlahan secara lembut.

Cara Menjinakan Kucing Anggora

Pasti semua orang yang memelihara hewan bertujuan agar ia menuruti apa kata pemiliknya sehingga dapat diajak berinteraksi dan bermain bersama. Kucing anggora termasuk jenis binatang yang mudah untuk dijinakan oleh manusia, karena memiliki sifat yang friendly dan mudah beradaptasi. Namun jangan remehkan saat ia sedang dalam mood terburuknya.

  1. Membantu adaptasi lingkungan baru

    Cara ini merupakan perkenalan kucing terhadap lingkungan barunya yang akan ditinggali setelah anda mengadopsinya. Sebaiknya anda membantu dalam beradaptasi dengan mengajaknya jalan-jalan dan berkenalan keadaan disekitanya. Jangan sampai langsung menaruhnya di kandang yang telah anda siapkan. Sebab ia akan merasa sangat tidak nyaman.

    Selain itu, anda juga harus memperkenalkan si kucing dengan benda-benda bising yang ada dirumah, seperti penghisap debu, kipas angin dan mesin cuci. Semua itu berguna agar ia tak kaget ketika mendengar suara mesin-mesin tersebut. Disarankan juga agar tidak langsung ditempatkan di tempat ramai, begitulah cara menjinakan kucing anggora yang sudah besar.

Bagaimana menurut anda? Cara menjinakan kucing diatas  sudah efektif dan mudah dilakukan atau tidak? Jika anda tertarik untuk mengadopsi salah satu kucing tersebut, segera pergi ke petshop terdekat untuk memeliharanya. Jangan lupa dengan tips yang sudah diberikan agar tak terjadi kejadian buruk antara pemilik dan peliharaannya. Selamat mencoba dan terimakasih.

Kucing :
    cara menjinakan kucing yg baru sampai, cara mengatasi kucing peliharaan yg sifatnya liar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *