8 Pembahasan Klasifikasi Kucing [ILMIAH]

Posted on

Klasifikasi Kucing – Klasifikasi kucing memang belum banyak diketahui orang karena tak sepopuler jenis anjing ataupun hewan peliharaan lainnya, namun bagi para cat lovers tentu harus sudah mengetahuinya. Jika belum mengetahuinya, jangan khawatir karena dibawah ini terdapat penjelasan lengkap mengenai berbagai klasifikasi nama kucing yang ada di Indonesia dan dunia.

Klasifikasi Kucing
Gambar Klasifikasi Kucing

Bagi anda yang mulai penasaran dengan klasifikasinya, mulai dari yang paling mahal hingga murah atau ras dan jenis kucing terlangka didunia. Semua ada disini disajikan secara detail dan sempurna. Selain lucu, kucing juga merupakan hewan yang bersahabat dengan manusia. Sehingga sangat mudah untuk menjumpai mereka dirumah-rumah orang. Check this out !

Klasifikasi Kucing

Kucing merupakan hewan peliharaan yang sering dijumpai di rumah orang dan sudah tak asing lagi dengan manusia. Semua itu karena kucing mempunyai kemudahan untuk beradaptasi dengan lingkungan. Bahkan saat ini banyak sekali jenis kucing yang ada didunia dan belum banyak diketahui oleh manusia. Berikut klasifikasi kucing dari jenis famili hingga upaspesies.

  1. Kerajaan – Animalia

    Urutan klasifikasi kucing yang pertama yaitu kingdom bernama animalia. Bagi anda yang belum tau, animalia merupakan istilah yang dipakai dalam menggambarkan penggolongan besar dari hewan termasuk kucing dan sering dipakai untuk klasifikasi nama kerjaan. Dalam keseharian juga digunakan untuk menunjukkan kucing yang memiliki ciri yang beda dari hewan lainnya.

    Kucing juga dapat dibedakan dengan makhluk hidup lain karena bentuknya yang masuk kedalam klasifikasi dari kerajaan animalia. Selain itu semua, masih ada beberapa hal yang merupakan tipe dari jenis animalia, diantaranya adalah berdasarkan ada tidaknya tulang belakang, simetri tubuh, lapisan tubuh, filum, suhu tubuh, makanan, minuman dan bulunya.

  2. Filum – Chordata

    Klasifikasi hewan kucing yang kedua yaitu filum yang bernama chordata. Karena kucing mempunyai tulang belakang dan terdapat ciri-ciri yang berbeda dibandingkan invertebrata. Selain itu juga bersifat bilateral yang berarti adanya garis simetri untuk membagi bagian tubuh sehingga menjadi dua bentuk yang sama. Namun tak terlalu terlihat oleh mata dari kejauhan.

    Klasifikasi tentang kucing juga karena ia memiliki notokorda yang selalu ada selama siklus hidup yang ia jalani. Jika belum tahu, natokorda merupakan batang semi fleksibel dengan fungsi memberi dukungan berupa struktural serta mempunyai makna sebagai jangkar yang terdapat pada badan besar dan ototnya. Selain itu bulunya yang cantik sehingga disebut fluim chordate.

  3. Kelas – Mamalia

    Klasifikasi ilmiah kucing yang ketiga yaitu mamalia, kucing sering disebut mamalia karena mempunyai kelenjar susu guna menyusui anak-anaknya dan memiliki tubuh dengan bulu diseluruh tubuhnya. Selain itu kulitnya juga dilengkapi oleh kelenjar yang sangat banyak dan berbagai macam jenisnya. Di dalam rahang juga dilengkapi oleh gigi untuk digunakan menggigit.

    klasifikasi makhluk hidup kucing ini juga berdasarkan perkembangbiakan dengan cara melahirkan atau beranak dan juga yang bertelur. Kucing berkembangbiak dengan cara beranak sehingga termasuk ke dalam klasifikasi mamalia. Selain itu terdapat cakar dan kuku yang tajam pada hewan ini sehingga harus berhati-hati apabila ingin memeliharanya di dalam rumah anda.

  4. Ordo – Karnivora

    Disebut sistem klasifikasi kucing karena termasuk hewan karnivora yang masuk kedalam ordo mamalia dan mencakup semua kelompok famili. Untuk kucing sendiri memiliki sebutan yaitu feliformia di kategori hewan ordo karnivora. Selain hewan karnivora, kucing juga bisa memakan yang bukan daging walau susah dan harus dibuat dengan menu dengan campuran daging lezat.

    Selain memakan daging, kucing juga termasuk ke dalam ordo karnivora karena mempunyai bentuk tengkorak yang sangat khas serta gigi taring dengan ciri yang menonjol dan carnassials. Namun kucing tidak seperti hewan mamalia yang lain karena tak sanggup menggerakkan bagian rahang dari kiri ke kanan atau sebaliknya dan hanya bisa membuka serta menutup mulut saja.

  5. Genus – Felis

    Klasifikasi dari kucing selanjutnya yaitu jenis genus felis. Yang merupakan salah satu dari kucing liar dan domestik. Untuk spesies liar biasanya tersebar di negara bagian Eropa, Afrika, Asia selatan dan juga tengah. Anggota dari klasifikasi yang satu ini kebanyakan memiliki tubuh yang kecil, namun memiliki kemiripan dengan jenis lainnya dalam bentuk suara dan bulu di tubuh.

    Setelah adanya penelitian, banyak yang menunjukkan jika kucing genus felis merupakan hewan yang pertama kalo melakukan evolusi antara delapan atau sepuluh juta tahun pada jaman dahulu. Makanan dari si kucing ini yaitu hewan kecil yang ada disekitarnya, namun tergantung juga pada lingkungannya. Jadi jangan harap bisa memelihara kucing dengan karakter tersebut.

  6. Spesies – F.Silvestris

    Klasifikasi Kucing yang satu ini yaitu dari spesiesnya dengan nama f.silvestris yang berarti hewan liar. Disebut begitu karena kucing liar yang ada di hutan maupun di jalanan memiliki tingkat bahaya yang sangat tinggi dengan kuku dan juga bulu yang terdapat virus dan kotoran. Hampir mirip dengan jenis genus felis dari bentuk ukuran yang kecil namun jauh lebih lincah.

    Beda klasifikasi kucing rumah yang tak mungkin memiliki ciri fisik yang kotor karena tak pernah diurus.  Spesies ini sudah terbiasa hidup diluar dengan cara makan dan cara tidur mereka sendiri. Apabila terdapat kesamaan seperti kucing rumah pasti hanya beberapa yang mirip seperti bulu, wajah, hingga kakinya. Namun jangan pernah pelihara jenis kucing yang satu ini.

  7. Upaspesies – Catus (kucing)

    Catus merupakan jenis hewan peliharaan terfavorit didunia. Karena tercatat sangat resmi sebagai salah satu kucing trah atau pure breed. Beberapa contoh ras nya adalah siam, persia, manx, dan juga sphinx. Namun hanya bisa dibiakkan di tempat hewan yang sudah resmi dalam pemeliharaan. Selain itu jumlahnya hanya satu persen dari semua jenis kucing di dunia ini.

    Karena jumlahnya yang hanya satu persen sehingga hanya tersisa kucing berketurunan campuran layaknya kucing kampung ataupun kucing liar. Walau begitu juga catus sangat bersahabat dengan manusia sehingga merupakan hewan yang sering dipelihara. Dengan kata lain klasifikasi yang satu ini dapat dilihat dari sifat yang ada pada diri kucing peliharaan anda.

  8. Klasifikasi Kucing Anggora dan Persia

    Klasifikasi kucing anggora memang sudah banyak diketahui oleh manusia karena sering ditemui di depan rumah para cat lovers. Seperti halnya klasifikasi kucing persia yang sudah tidak asing lagi jika disuruh untuk menjelaskannya. Namun dari semua itu, terdapat hal yang paling menarik yaitu dari segi bentuk muka yang hampir sama memiliki wajah teramat unik dan lucu.

    Sangat menarik jika anda memelihara kedua jenis kucing tersebut karena memiliki klasifikasi yang cukup unik dan juga lucu untuk menjadi teman anda. Selain itu hal yang paling dicari adalah makanan serta harga kucingnya yang mahal shingga dipandang hewan termahal didunia.

Nah, klasifikasi kucing yang sudah dijelaskan diatas sangat jelas dan lengkap kan? Apakah anda masih bingung mengenai jenis hewan tersebut? Jika masih silahkan anda memperhatikan secara langsung agar tau dan paham mengenai klasifikasi makhluk hidup tersebut. Bila anda sudah jelas dengan penjelasan diatas, jangan lupa ceritakan pada teman anda. Terimakasih.

Kucing :
    Klasifikasi kucing, ciri ciri kelas dari jenis hewan kucing, pembahasan kucing, cara pengklasifikasian kucing, klasifikasi kucing anggora, permbangbiakan makhluk hidup kucing, tipe tulang belakang kucing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *