Bahas Lengkap Mengenai Kucing Cacingan

Posted on

Kucing cacingan? Ya, cacing pita merupakan parasit yang menginfeksi pada sistem pencernaan dan biasanya menyerang manusia dan hewan. Jadi di artikel ini, kita bakalan share informasi mengenai Kucing Cacingan, dimana meliputi point-point di bawah ini :

A. Ciri – ciri kucing cacingan

B. Tanda – tanda kucing cacingan

C. Penyebab Kucing Cacingan

D. Jenis-Jenis atau Spesies Cacing Pita

E. Cara Mengobati Kucing Cacingan

Cacing pita ini berbentuk seperti pita dengan panjangnya sekitar 10 cm – 60 cm dan memiliki struktur tubuh bersegmen dengan setiap segmen yang mengandung telur di cacing pita. Kucing yang terinfeksi cacing pita pada saat menelan kutu. Telur cacing yang terkandung dalam kutu yang kemudian menetas serta tumbuh di dalam tubuh kucing.

kucing cacingan
Gambar siklus kucing cacingan.

Cacing pita dewasa di dalam tubuh kucing bisa bertelur dan dilepaskan ke lingkungan melalui lingkunganya melalui kotoran. Cacing pita membutuhkan setidaknya 2 inang untuk bertahan hidup, dimana inah perantara membawa larva.

Ciri-Ciri Kucing Cacingan

Ketika kucing cacingan kadang memang kita sebagai pemilik kucing tidak menyadarinya sehingga terdapat tanda-tanda yang bisa dikategorikan bahwa kucing kita di masa kritis pada bentuk fisik dan kesehatannya.

Oleh sebab itu sebelum kucing kamu melihat kondisinya semakin memburuk maka lebih baik kamu harus tau ciri-ciri awal ketika kucing baru mengalami cacingan, berikut adalah ciri-ciri kucing cacingan.

1. Badan kucing kurus dan membuncit

Kucing cacingan mempunyai postur yang kurus tetapi perutnya buncit, jika kamu memegang kucing dengant anda tanda-tanda seperti ini bisa juga kucing kamu terkena penyakit cacingan.

2. Kucing selalu merasa haus

kucing kamu sering minum karena merasa haus, kemungkinan kucing kamu juga bisa terkena cacingan.

3. Menghilangnya nafsu makan kucing atau kucing tidak mau makan

kucing cacingan tidak mau makan
Gambar kucing tidak mau makan.

Kucing akan kehilangan nafsu makanya bahkan sampe kucing tidak mau makan yang dapat membuat si kucing menjadi kurus.

Baca juga : Penyebab dan Solusi Kucing Tidak Mau Makan

4. Diare atau kucing mencret

Nah ini juga merupakan salahh satu dari ciri-ciri kucing cacingan yaitu diare

Baca juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Mencret atau Diare

5. Kucing muntah-muntah

kucing cacingan muntah-muntah
Ciri kucing cacingan yaitu muntah-muntah.

6. Keluar cacing ketika pup

Jika kucing kamu ketika sedang pup lalu mengeluarkan cacing, sudah sanga jelas bahwa kucing kamu cacingan, segera di tangani sebelum terlambat karena bisa berakibat fatal!

7. Makan banyak tetapi badan kucing tetap kurus

Nahh ini biasanya kerap terjadi, ketika kamu sudah memberikan makanan kucing sebanyak-banyaknya tetapi kucing kamu bentuk tubuhnya tidak gemuk atau tidak sesuai keinginan kamu. Ada juga kemungkinan kucing kamu terkena cacingan.

Tanda-Tanda Kucing Cacingan

  1. Pup kucing terlihat seperti beras (proglottid), bisa di sekitar anus kucing.
  2. Bentuknya seperti cacing yang menggantung dari anus.
  3. Terdapat darah di dalam tinja (pup, eek)
  4. Kucing sering menjilati daerah genitalnya.
  5. Kucing suka batuk terus menerus.
  6. Terjadi penurunan berat badan secara drastis.
  7. Kucing mengalami muntah-muntah bukan hairball
  8. Kucing mengalami Diare atau mencret
  9. Kucing merasakan sesak napas.
  10. Kucing menderita penyakit pneumonia (gangguan sistem pernafasan).
  11. Kucing terlihat lesu dan tidak energik
  12. Terjadinya fluktuasi nafsu makan (nafsu makan tidak stabil)
  13. Bulu kucing akan terlihat lebih kusam dari biasanya
  14. Kucing selalu gatal di daerah genitalnya.
  15. Kucing menderita iritasi di sekitar daerah genitalnya.
  16. Kucing menderita anemia.
  17. Kucing mengalami kerontokan bulu yang sangat parah.
  18. Kucing Mengalami perut kembung atau buncit.

Penyebab Kucing Cacingan

  1. Penyebab utama infeksi cacing pita pada kucing yaitu bisa melalui telur cacing pita (cysticercoid) yang ada pada kutu yang termakan kucing. Telur tersebut menetas dalam usus untuk kemudian tumbuh menjadi cacing pita dewasa.
  2. Telur cacing pita juga dapat masuk kedalam tubuh kucing saat menjilati atau melukai dengan cara mencakar dirinya sendiri.
  3. Kucing bisa menelan cacing pita pada saat makan daging mentah, ikan mentah, ayam mentah, yang jelas hewan yang sudah mati dan terkena telur atau cacing pita.
  4. Kucing juga dapat terinfeksi cacing pita selama dalam perawatan
  5. Kucing bisa saja terinfeksi cacing pita pada saat tempat tidur kucing dan tempat kotoranya tidak dibersihkan.
  6. Kutu kucing yang ditemukan di karpet rumah juga bisa berakibat menjadi sumber penularan.
  7. Induk kucing yang sedang menyusui mungkin bisa menularkan atau menginfeksi ke anak-anaknya.
kucing terkena penyakit cacingan
Gambar kucing cacingan.

Jenis-Jenis atau Spesies Cacing Pita

  • Dipylidium caninum merupakan jenis cacing pita yang sering ditemukan pada kucing. Spesies yang satu ini menginfeksi ketika kucing menelan kutu yang memiliki larva cacing pita di dalamnya.
  • Pada saat kucing memakan mangsa yang sudah terinfeksi dengan spesies Taenia Taeniaeformis, maka kucing bisa saja mengalami infeksi yang sama.
  • Echinococcus menfingeksi kucing pada saat makan daging mentah atau daging yang sudah busuk.
  • Dibothriocephalus latus dan Spirometra mansonoides menyerang kucing jika memakan ikan air tawar yang mentah atau ular yang berasal dalam air.

Cara Mengobati Kucing Cacingan

Banyak sekali obat-obatan khusus kucing cacingan yang beredar dipasaran. Akan tetapi tidak semua obat cacing bakal cocok dengan si kucing. Ada jenis obat cacing yang berbentuk tablet maupun cair. Janganlah kamu memberi obat cacing pada kucing betina yang sedang hamil atau indukan. Karena tidak hanya cacingnya saja yang mati, tetapi anaknya juga bisa ikut mati!

Mengobati kucing cacingan
Mengobati kucing cacingan.

Daftar obat cacing khusus untuk kucing :

  1. Vermox
  2. Combantrin (pfizer)
  3. Drontal Plus (bayer)
  4. Drontal Cat (bayer)
  5. Obat cacing lainya bisa kamu beli di petshop terdekat dengan anjuran dokter hewan.

CATATAN : Jangan sekali-kali kamu memberikan obat cacing untuk Kucing HAMIL!

Sekian dari Pembahasan Lengkap Mengenai Kucing Cacingan, semoga bermanfaat bagi kalian dan pastinya kucing kamu cepat sembuh. Jangan lupa untuk bagikan atau share artikel ini agar teman-teman pecinta kucing lainya tau informasi penting ini! Terimakasih

 

Kucing :
    ciri ciri kucing cacingan, ciri kucing cacingan, ciri2 kucing cacingan, Tanda Kucing Cacingan, penyebab kucing cacingan, tanda tanda kucing cacingan, ciri-ciri kucing cacingan, https://maniakucing com/kucing-cacingan/, cacingan pada kucing, cacing pada kucing

39 thoughts on “Bahas Lengkap Mengenai Kucing Cacingan

  1. Saya punya kitten, usia 3 bulanan. Perutnya membuncit dan keras, sudah beberapa hari tdk pup, dan ketika perutnya dipegang, seperti merasa kesakitan. Apa mungkin karena cacingan juga?

    1. Sebaiknya ketika anak kucing berumur 3 bulan sudah diberi obat cacing krn anak kucing umur bulanan sangat sangat sangat rentan cacingan. Terutama jika induknya tidak pernah diberi obat cacing. Kadang umur 1 bulanpun anak kucing sudah bisa terjangkiti cacingan. Anak kucing yg terkena cacingan beresiko mati, terutama jika pupnya sudah berdarah, pertanda ususnya sudah terluka/robek. Terkadang anak kucing tdk bisa bertahan hidup jika ususnya sudah terluka.

      Untuk anak kucing umur dibawah 5 bulan, bisa diberi dosis obat cacing 1/4 tablet untuk combantrin, vermox. Tapi jika memakai drontal cat, 1/8 tablet saja krn ukuran tablet drontal cat lebih besar

  2. Gan saya mau tanya…anak kucing saya yg berumur 3 bln berat badannya menurun padahal si mpuss makannya sangat banyak trus di jga tp perutnya membuncit, apakah kucing saya terkena penyakit cacingan atau tdk ya gan???? Mohon infonya gan

    1. Lebih baik diberi obat cacing untuk jaga2. Kucing memang harus rutin diberi obat cacing krn beresiko terkena. Untuk kucing yg bebas keluar dan suka menangkap tikus, kecoak dll, sebaiknya diberi obat cacing sekali 3 bulan, minimal sekali 6 bulan (sama spt manusia)

      Untuk anak kucing umur 1 bulan-4 bulan, dosisnya cukup 1/4 tablet. Jika keluar cacing setelah diberi obat cacing, ulangi 4-7 hari kemudian untuk memastikan cacingnya sudah mati semua.

  3. Kucing Jantan saya perutnya buncit dan badannya kurus, nafsu makannya juga menurun. Sudah saya kasih obat cacing tp perutnya tapi tidak ada hasilnya. Kira2 kucing saya knp ya?

    1. Apa obat cacing yg diberikan? Jika combantrin, vermox tp masih tampak juga gejala cacingan,maka dimungkinkan kucingnya terkena cacing pita. Combantrin dan vermox tdk bisa membunuh cacing pita (hanya bisa mmbunuh cacing tambang, gelang, dan kremi). Untuk obat cacing yang busa membunuh segala tipe jenis cacing sebaiknya diberi Drontal Cat. Atau anda bisa mengunjungi vet atau dokter hewan untuk diberi suntik untuk cacing ataupun pemakaian obat scr diminumkan.

  4. Gan, saya punya kucing umur sekitar 2 bulanan. Terus perutnya buncit gitu dan badannya kurus. Kalo si kucingnya saya kasih obat cacing punya adek saya (beli di apotek) gapapa kah?

    1. Gan saya baru beli anak kucing umur 4 bulan dan 2 hari saya kasi makan wiskas dan wiakas ikan tuna 3 hari kemudian kucing saya gak mau makan dan muntah keluar cacing dan saya kasi obat cacing dia muntah lagi tapi gak keluar cacing namun beol msh ada keluar cacingnya sedikit keluar cacing juga.apa bahaya itu gan apa obatnya gan.

  5. Gan saya jga punya kucing umurnya 5 bulan biasa makan royal canin terus karena habis dan pet shop tutup beli whiskas yang tuna. Abis itu pupnya darah dan mencret dan keluar cacing Yg lumayan aga besar apa itu kena cacing pita karena sebelumnya Engga kaya gtu

    1. Bener mbak kayanya cacing pita. mirip kayak kucing2 saya. pupnya berdarah. ada cacing2nya. Lalu ada yg cacingnya panjang spt spageti. saya berikan mrk drontal cat. skrg sdh tdk ditemukan darah lg di pupnya. dan g diare lagi.

      1. Ada kucing saya yg cara ngasih drontal cat dg dihancurkan lalu dicampur sm vitagel seujung sendok teh lalu dibalurkan ke dlm mulut kucing. ada yg hrs saya campur ke makanan kalengnya 1/2 sendok teh saja spy dia mau makan. tp ada kucing saya yg rewelnya minta ampun susah sekali masukin obat ke dlm mulutnya.

      2. Kucing saya 5bln barusan mati,g tau kl kna cacing pita.sy ksh combantrin g mmpan.sehari sblm mati,muntah kluar cacing pitanya.combantrin g bs bt cacing pita.dl smpt sembuh sbntr

  6. Kucing saya 2 bulanan waktu itu kuntah ada cacing. Langsung saya kasih combantrin abis itu pup keluar cacingnya banyak banget. Tapi abis itu dia beener2 ga mau makan apa cm mau minum dan skrg pup nya masih encer. Gimana ya

    1. Itu sama spt kasus saya. trus saya kasih drontal cat. abis itu pup nya normal, perutnya dipegang g sakit. matanya g berair lagi. tp setelah itu sebaiknya dibawa ke dokter utk ditambah dg obat suntik. biaya sekitar 150rb.

      1. Utk agan2 yg kucingny abs diobatin trus syusyah makan mw gk mw kudu dicekokin pake pipet(suntikan tanpa jarum).1 kuningtelur stngah mateng campur madu 1sdt diaduk lalu dipipet pagi sore setiap hari & sabaaaaaaarrrr…….alhmd kucing sy yg udh mw alm sehat lagi.wlw sodarany lewat.

  7. Saya boleh minta tolong? Kucing saya yang dewasa (sekitar 1 tahunan) sakit nih, sering muntah meskipun itu sedikit tetapi saya dimuntahnya ada larva” cacing dan baunya tengik, mpuss saya juga lesu juga sulit sekali disuruh makan, pupnya juga encer dan terkadang ada larva” cacing juga. Apakah itu terkena cacingan atau bagaimana? Tolong bantu saya…. 🙏 Terimakasih..

  8. Gan saya mau nanya, kucing sya berumur 2 bulan, matanya belekan, pup nya rada mencret lalu ada darahnya , napsu makan berkurang, tapi sekitar 2 minggu yg lalu sudah di vaksin cacing , kira kira kucing saya kenapa ya

  9. Kak… kucing betinaku baru melahirkan 1 minggu kmaren. 5 hari setelah melahirka , nafsu makannya mnurun, kurus. lalu hri ini dia muntah ada cacingnya kayk cacing tanah gitu, tp putih 4-6 cm.an. trs kasih obatnya gmn? Diakan lgi menyusui…

  10. Permisi mau tanya. Kucing saya berusia 5 bln. Sudah 2 hari gak mau makan, tapi selalu muntah air. Lalu saya k toko hewan membeli obat anti muntah, setelah obat nya saya teteskan k mulut nya kucing saya langsung kaget dan muntah, dn di muntah nya ada bnyak cacing panjang”.. Apakah mnurut admin itu baik atau buruk?? Mohon penjelsan nya.. Terima kasih

  11. Mau tnya .. Kucing saya umur 7 bulan ..
    Saya bngung ini cacingan atau hamil soalnya perutnya juga buncit pernah sekali kasih drontal paginya pupnya ada cacing gelangnya keluar. Tapi kok perutnya masih buncit. Makannya masih normal pup normal masih lincah. Ini kucing hamil apa cacingan gimana bedainnya yaa?

  12. Saya mau tanya
    Kucing saya 2 minggu yang lalu di kasih conbantrin tapi skrng makin parah perut udah kempes banget gamau makan, muntah cacing idup lagi ngeri
    Boleh ga kalau di kasih drontal soalnyakan berjangka 2 mnggu dri pemberian combantrin?

  13. Sy mau tany. Sy kemarin rescue kitten kira kira usia 7 hari. Tanpa induk. Perut ny buncit. Apa ada kemungkinan dia cacingan. Trs sy hrs gmn yah? Thanks..

  14. Mau nanya nihh anak kucing aku umurnya 2 bln nah dia nggak mau makan , mencret , telinganya dingin , hidungnya Berwarna air , sering / sama sekali ngga minum , kurus . Apa itu cacingan?

  15. Butuh pencerahan.. Kitten saya usia 3 bln sdh di bawak kedokter sudah di kasih drontal cat. Tapi perutnya masih buncit. Kepala leher kecil.. Tidak suka makan kering mau nya makan ayam rebus. Mohon di bantu ya agan/sister apa ada solusinya

  16. Mau tnya..kucing saya umur 2 bln knp ya mtanya slalu mngeluarkan air….apakh itu juga tnda2 kucing cacingan??pdahl kucingnya aktf bngt..mnta sran nya..

  17. Mhon sran nya …
    Kpa ya kucing saya mngeluarkan air mta trus…
    Kira2 itu ap trmsuk ccingan juga?
    Trmksh

  18. Saya punya kucing umur 3 bulan. Pup nya encer dan keluar cacing sebiji beras, sudah aku kasih obat cacing tapi belum juga sembuh

  19. Dok mau tanya.
    Anak kucing saya (LUNA) di kasih mkn awalnya pke wiskas basah yg kitten trus bbrpa minggu ini nafsu mkn nya berkurang,pup nya encer,dan nyoba wiskas yg kering nya.
    Perutnya buncit,tidur trus kurang aktif pula.
    Udah di kasih obat cacing,di pup keluar cacing.
    Apa bisa jadi cacing ini dri wiskas basah itu engga????

  20. Saya mau tanya, kucing saya awalnya normal, tp tb mata kirinya ngga tertutup , saya pikir dia sakit mata.. Tapi lama kelamaan skrg warna matanya brubah pudar, kenapa ya dok?

  21. Kak, kucing saya berumur 1 bulan, dia mengalami muntah mengeluarkan cacing, perut buncit, bulunya kusam, matanya tertutup sebelah, sudah kurus, bagaimana cara mengatasinya kak

  22. Mau tanya juga nih, kucing ku usianya baru 1th 1bulan dia lagi hamil besar, nah barusan saya liat dari kejauhan dia lagi pup trs saya liat ko ada putihputih kecil pas saya deketin ternyata cacing kecil , trs td saya baca kan gaboleh kasih obat cacing ke kucing yg sedang hamil, jd saya harus gimana ya? Saya takut nnti anaknya pun terkena cacing itu, yg tau solusi nya plis kasi tau saya ya

  23. Kucing saya cacingan dan saya memberi obat combantrin, tapi tidak kunjung sembuh, saya juga mau bertanya apakah dlm sehari boleh minum dua jenis obat vitagel dn combantrin? Mohon secepatnya dibalas ya

  24. Agan2 kudu super sabar mrawat kucing sakit apapun yg gk mw makan.dkasi 1 kuningtelor stngah mateng campur madu apa aja 1sdt aduk dcekok pake pipet.tiap hari pagi sore.kasi jg vit hufagrip 10ml tiap pagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *