Bahas Lengkap Mengenai Kucing Cacingan

Posted on

Kucing cacingan? Ya, cacing pita merupakan parasit yang menginfeksi pada sistem pencernaan dan biasanya menyerang manusia dan hewan. Jadi di artikel ini, kita bakalan share informasi mengenai Kucing Cacingan, dimana meliputi point-point di bawah ini :

A. Ciri – ciri kucing cacingan

B. Tanda – tanda kucing cacingan

C. Penyebab Kucing Cacingan

D. Jenis-Jenis atau Spesies Cacing Pita

E. Cara Mengobati Kucing Cacingan

Cacing pita ini berbentuk seperti pita dengan panjangnya sekitar 10 cm – 60 cm dan memiliki struktur tubuh bersegmen dengan setiap segmen yang mengandung telur di cacing pita. Kucing yang terinfeksi cacing pita pada saat menelan kutu. Telur cacing yang terkandung dalam kutu yang kemudian menetas serta tumbuh di dalam tubuh kucing.

kucing cacingan
Gambar siklus kucing cacingan.

Cacing pita dewasa di dalam tubuh kucing bisa bertelur dan dilepaskan ke lingkungan melalui lingkunganya melalui kotoran. Cacing pita membutuhkan setidaknya 2 inang untuk bertahan hidup, dimana inah perantara membawa larva.

Ciri-Ciri Kucing Cacingan

Ketika kucing cacingan kadang memang kita sebagai pemilik kucing tidak menyadarinya sehingga terdapat tanda-tanda yang bisa dikategorikan bahwa kucing kita di masa kritis pada bentuk fisik dan kesehatannya.

Oleh sebab itu sebelum kucing kamu melihat kondisinya semakin memburuk maka lebih baik kamu harus tau ciri-ciri awal ketika kucing baru mengalami cacingan, berikut adalah ciri-ciri kucing cacingan.

1. Badan kucing kurus dan membuncit

Kucing cacingan mempunyai postur yang kurus tetapi perutnya buncit, jika kamu memegang kucing dengant anda tanda-tanda seperti ini bisa juga kucing kamu terkena penyakit cacingan.

2. Kucing selalu merasa haus

kucing kamu sering minum karena merasa haus, kemungkinan kucing kamu juga bisa terkena cacingan.

3. Menghilangnya nafsu makan kucing atau kucing tidak mau makan

kucing cacingan tidak mau makan
Gambar kucing tidak mau makan.

Kucing akan kehilangan nafsu makanya bahkan sampe kucing tidak mau makan yang dapat membuat si kucing menjadi kurus.

Baca juga : Penyebab dan Solusi Kucing Tidak Mau Makan

4. Diare atau kucing mencret

Nah ini juga merupakan salahh satu dari ciri-ciri kucing cacingan yaitu diare

Baca juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Mencret atau Diare

5. Kucing muntah-muntah

kucing cacingan muntah-muntah
Ciri kucing cacingan yaitu muntah-muntah.

6. Keluar cacing ketika pup

Jika kucing kamu ketika sedang pup lalu mengeluarkan cacing, sudah sanga jelas bahwa kucing kamu cacingan, segera di tangani sebelum terlambat karena bisa berakibat fatal!

7. Makan banyak tetapi badan kucing tetap kurus

Nahh ini biasanya kerap terjadi, ketika kamu sudah memberikan makanan kucing sebanyak-banyaknya tetapi kucing kamu bentuk tubuhnya tidak gemuk atau tidak sesuai keinginan kamu. Ada juga kemungkinan kucing kamu terkena cacingan.

Tanda-Tanda Kucing Cacingan

  1. Pup kucing terlihat seperti beras (proglottid), bisa di sekitar anus kucing.
  2. Bentuknya seperti cacing yang menggantung dari anus.
  3. Terdapat darah di dalam tinja (pup, eek)
  4. Kucing sering menjilati daerah genitalnya.
  5. Kucing suka batuk terus menerus.
  6. Terjadi penurunan berat badan secara drastis.
  7. Kucing mengalami muntah-muntah bukan hairball
  8. Kucing mengalami Diare atau mencret
  9. Kucing merasakan sesak napas.
  10. Kucing menderita penyakit pneumonia (gangguan sistem pernafasan).
  11. Kucing terlihat lesu dan tidak energik
  12. Terjadinya fluktuasi nafsu makan (nafsu makan tidak stabil)
  13. Bulu kucing akan terlihat lebih kusam dari biasanya
  14. Kucing selalu gatal di daerah genitalnya.
  15. Kucing menderita iritasi di sekitar daerah genitalnya.
  16. Kucing menderita anemia.
  17. Kucing mengalami kerontokan bulu yang sangat parah.
  18. Kucing Mengalami perut kembung atau buncit.

Penyebab Kucing Cacingan

  1. Penyebab utama infeksi cacing pita pada kucing yaitu bisa melalui telur cacing pita (cysticercoid) yang ada pada kutu yang termakan kucing. Telur tersebut menetas dalam usus untuk kemudian tumbuh menjadi cacing pita dewasa.
  2. Telur cacing pita juga dapat masuk kedalam tubuh kucing saat menjilati atau melukai dengan cara mencakar dirinya sendiri.
  3. Kucing bisa menelan cacing pita pada saat makan daging mentah, ikan mentah, ayam mentah, yang jelas hewan yang sudah mati dan terkena telur atau cacing pita.
  4. Kucing juga dapat terinfeksi cacing pita selama dalam perawatan
  5. Kucing bisa saja terinfeksi cacing pita pada saat tempat tidur kucing dan tempat kotoranya tidak dibersihkan.
  6. Kutu kucing yang ditemukan di karpet rumah juga bisa berakibat menjadi sumber penularan.
  7. Induk kucing yang sedang menyusui mungkin bisa menularkan atau menginfeksi ke anak-anaknya.
kucing terkena penyakit cacingan
Gambar kucing cacingan.

Jenis-Jenis atau Spesies Cacing Pita

  • Dipylidium caninum merupakan jenis cacing pita yang sering ditemukan pada kucing. Spesies yang satu ini menginfeksi ketika kucing menelan kutu yang memiliki larva cacing pita di dalamnya.
  • Pada saat kucing memakan mangsa yang sudah terinfeksi dengan spesies Taenia Taeniaeformis, maka kucing bisa saja mengalami infeksi yang sama.
  • Echinococcus menfingeksi kucing pada saat makan daging mentah atau daging yang sudah busuk.
  • Dibothriocephalus latus dan Spirometra mansonoides menyerang kucing jika memakan ikan air tawar yang mentah atau ular yang berasal dalam air.

Cara Mengobati Kucing Cacingan

Banyak sekali obat-obatan khusus kucing cacingan yang beredar dipasaran. Akan tetapi tidak semua obat cacing bakal cocok dengan si kucing. Ada jenis obat cacing yang berbentuk tablet maupun cair. Janganlah kamu memberi obat cacing pada kucing betina yang sedang hamil atau indukan. Karena tidak hanya cacingnya saja yang mati, tetapi anaknya juga bisa ikut mati!

Mengobati kucing cacingan
Mengobati kucing cacingan.

Daftar obat cacing khusus untuk kucing :

  1. Vermox
  2. Combantrin (pfizer)
  3. Drontal Plus (bayer)
  4. Drontal Cat (bayer)
  5. Obat cacing lainya bisa kamu beli di petshop terdekat dengan anjuran dokter hewan.

CATATAN : Jangan sekali-kali kamu memberikan obat cacing untuk Kucing HAMIL!

Sekian dari Pembahasan Lengkap Mengenai Kucing Cacingan, semoga bermanfaat bagi kalian dan pastinya kucing kamu cepat sembuh. Jangan lupa untuk bagikan atau share artikel ini agar teman-teman pecinta kucing lainya tau informasi penting ini! Terimakasih

 

Kucing :
    ciri ciri kucing cacingan, ciri kucing cacingan, ciri2 kucing cacingan, ciri-ciri kucing cacingan, tanda tanda kucing cacingan, kalo cacingan kucing muntah, Tanda Kucing Cacingan, ciri kucing yang sembuh dari cacingan, harga mengeluarkan larva di badan kucing, jenis cacing pita pada kucing
Klik Untuk Share !

10 thoughts on “Bahas Lengkap Mengenai Kucing Cacingan

  1. Saya punya kitten, usia 3 bulanan. Perutnya membuncit dan keras, sudah beberapa hari tdk pup, dan ketika perutnya dipegang, seperti merasa kesakitan. Apa mungkin karena cacingan juga?

    1. Sebaiknya ketika anak kucing berumur 3 bulan sudah diberi obat cacing krn anak kucing umur bulanan sangat sangat sangat rentan cacingan. Terutama jika induknya tidak pernah diberi obat cacing. Kadang umur 1 bulanpun anak kucing sudah bisa terjangkiti cacingan. Anak kucing yg terkena cacingan beresiko mati, terutama jika pupnya sudah berdarah, pertanda ususnya sudah terluka/robek. Terkadang anak kucing tdk bisa bertahan hidup jika ususnya sudah terluka.

      Untuk anak kucing umur dibawah 5 bulan, bisa diberi dosis obat cacing 1/4 tablet untuk combantrin, vermox. Tapi jika memakai drontal cat, 1/8 tablet saja krn ukuran tablet drontal cat lebih besar

  2. Gan saya mau tanya…anak kucing saya yg berumur 3 bln berat badannya menurun padahal si mpuss makannya sangat banyak trus di jga tp perutnya membuncit, apakah kucing saya terkena penyakit cacingan atau tdk ya gan???? Mohon infonya gan

    1. Lebih baik diberi obat cacing untuk jaga2. Kucing memang harus rutin diberi obat cacing krn beresiko terkena. Untuk kucing yg bebas keluar dan suka menangkap tikus, kecoak dll, sebaiknya diberi obat cacing sekali 3 bulan, minimal sekali 6 bulan (sama spt manusia)

      Untuk anak kucing umur 1 bulan-4 bulan, dosisnya cukup 1/4 tablet. Jika keluar cacing setelah diberi obat cacing, ulangi 4-7 hari kemudian untuk memastikan cacingnya sudah mati semua.

  3. Kucing Jantan saya perutnya buncit dan badannya kurus, nafsu makannya juga menurun. Sudah saya kasih obat cacing tp perutnya tapi tidak ada hasilnya. Kira2 kucing saya knp ya?

    1. Apa obat cacing yg diberikan? Jika combantrin, vermox tp masih tampak juga gejala cacingan,maka dimungkinkan kucingnya terkena cacing pita. Combantrin dan vermox tdk bisa membunuh cacing pita (hanya bisa mmbunuh cacing tambang, gelang, dan kremi). Untuk obat cacing yang busa membunuh segala tipe jenis cacing sebaiknya diberi Drontal Cat. Atau anda bisa mengunjungi vet atau dokter hewan untuk diberi suntik untuk cacing ataupun pemakaian obat scr diminumkan.

  4. Gan, saya punya kucing umur sekitar 2 bulanan. Terus perutnya buncit gitu dan badannya kurus. Kalo si kucingnya saya kasih obat cacing punya adek saya (beli di apotek) gapapa kah?

    1. Gan saya baru beli anak kucing umur 4 bulan dan 2 hari saya kasi makan wiskas dan wiakas ikan tuna 3 hari kemudian kucing saya gak mau makan dan muntah keluar cacing dan saya kasi obat cacing dia muntah lagi tapi gak keluar cacing namun beol msh ada keluar cacingnya sedikit keluar cacing juga.apa bahaya itu gan apa obatnya gan.

  5. Gan saya jga punya kucing umurnya 5 bulan biasa makan royal canin terus karena habis dan pet shop tutup beli whiskas yang tuna. Abis itu pupnya darah dan mencret dan keluar cacing Yg lumayan aga besar apa itu kena cacing pita karena sebelumnya Engga kaya gtu

  6. Kucing saya 2 bulanan waktu itu kuntah ada cacing. Langsung saya kasih combantrin abis itu pup keluar cacingnya banyak banget. Tapi abis itu dia beener2 ga mau makan apa cm mau minum dan skrg pup nya masih encer. Gimana ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *