Ciri-Ciri Kucing Persia Himalaya Asli dan Cara Merawatnya

Posted on

Kucing persia himalaya merupakan salah satu jenis kucing yang paling diminati di dunia, dengan bulu yang menawan, menawan, cantik, unik, indah, dan bentuk tubuh yang menggoda pasti banyak pecinta kucing yang ingin memilikinya.

Kucing Persia Himalaya

Banyak peneliti hewan yang mengtakan kucing jenis ini sudah sangat dikenal di dunia, namun juga ada yang berpendapat lain bahwa kucing jenis persia himalaya baru di kenal di eropa pada tahun 1950-an dengan nama yang di kenal colour point persian. Umumnya, untuk jenis kucing ini sangat banyak keunikan yang tidak ada tandinganya dengan kucing lain. Mau tau dimana istimewanya ? Simak artikel ini.

kucing persia himalaya
Gambar kucing persia himalaya warna cream.

1. Harga Kucing Persia Himalaya

Sesuai dengan barang yang nada dapatkan kucing ini memiliki keunikan matanya dan keindahan bulunya yang cantik maka kucing ini di jual dengan harga Rp.700.000 sampai Rp.1.500.000 itupun anda akan mendapatkan kualitas yang biasa sedangan kucing Persia Himalaya yang mempunyai kualitas yang bagus akan di bandrol dengan harga Rp.5.000.000 sampai dengan Rp.14.000.000 harga yang lumayan fantastik.Sebenarnya untuk masalah harga di atas bukan menjadi patokan tergantung pemiliknya dan anda bisa menawarnya.

2. Ciri-Ciri Kucing Persia Himalaya ASLI

Karakteristik

Himalaya adalah kucing yang bertubuh gemuk, besar, dan bulat dengan kaki yang pendek seperti Persia. Hal tersebut membuat Himalaya sulit untuk melompat. Namun, ras Himalaya juga ada yang memiliki tubuh seperti Siamese, yaitu tubuh yang langsing, ramping, dan anggun. Sehingga, Himalaya yang memiliki tubuh seperti Siamese dapat dengan mudah melompat dengan ketinggian 2 meter. Himalaya dibagi menjadi 2 jenis berdasarkan bentuk wajahnya, yaitu Himalayan Doll Face dan Himalayan Ultra-Face.

Himalayan Doll Face memiliki wajah yang sedikit pesek jika dilihat dari samping, sedangkan Himalayan Ultra-Face memiliki wajah yang sangat pesek jika dilihat dari samping, sehingga terlihat seperti datar.

Himalaya memiliki bulu panjang dengan warna point pada telinga, wajah, kaki dan ekornya, denga pola tabby, lynx, dan tortie. Warna pada kucing Himalaya dapat di klasifikasi, yaitu warna seal point (cokelat kehitaman), blue point (abu abu), lilac point (abu-abu kecoklatan), red/flame point (krem kemerahan), cream point (krem), dan chocolate point (cokelat).

Kucing persia himalaya ini merupakan hasil persilangan dari jenis kucing persia dan siam, yang akhirnya menghasilkan kucing persia himalaya yang begitu unik dan menarik. Untuk jenis kucing ini memiliki ciri – ciri fisik yang sangat mencolok dan pastinya membuat anda memperhatikan kucing ini. Berikut adalah ciri – ciri fisik kucing himalaya.

  1. Warna
    Warna point yang dimiliki kucing ini adalah adanya perbedaan warna yang sangat mencolok di setiap sudut bagian tubuhnya yag berbentuk taby, torty dan lynk. Untuk jenis warna pada kucing himalaya ini cukup variatif, seperti warna seal point (coklat kehitaman), lilac point (abu – abu kecoklatan), blue point ( abu – abu), cream point (krem), red flame point (krem kemerahan), chocolate point (coklat).
  2. Bentuk tubuh
    Untuk kucing ini umumnya memiliki ciri fisik tubuh yang bulat dan kaki yang pendek dihasilkan dari keturunan kucing persia. Namun ada juga yang memiliki tubuh yang langsing atau ramping, kuat, anggun, dan lincah yang diwarisi oleh kucing siam.
  3. Bulu
    Ukuran pada bulu untuk jenis kucing himalaya tergolong agak mirip dengan kucing persia lainnya, dengan ukuran yang lumayan panjang 2-3 cm.
  4. Bentuk wajah
    Di bagian bentuk wajah kucing persia himalaya ini terdapat dua jenis yang berbeda, yaitu Himallayan doll face dan himallayan ultra face. Himallayan doll face umumnya memiliki bentuk wajah yang lumayan pesek jika di lihat dari samping, dan himallayan ultra face memiliki wajah yang “sangat” pesek ika dilihat dari samping, sehingga terlihat sangat datar jika kita lihat secara langsung dari samping.
  5. Sifat
    Pada dasarnya untuk jenis kucing ini memiliki sifat yang agak tenang, cerdas dan aktif. Namun walau mereka memiliki sifat yang agak tenang, mereka juga sangan senang dan mudah berinteraksi dengan siapa saja.Kucing jenis ini sangat tepat untuk dijadikan peliharaan, selain sifatnya yang ramah, tenang dan bersahabat, namun kucing ini juga bisa menjadi teman bermain anda di setiap kali anda jenuh dengan kesibukan anda. Pokoknya kucing ini sangat di rekomendasikan.
  6. Kesehatan
    Pada umumnya untuk jenis kucing ini merupakan jenis kucing yang cukup bagus dari segi kesehatan dan tidak mudah terserang penyakit. Tapi anda harus tahu bahwa kucing jenis ini juga memiliki penyakit turunan dari kucing persia yang dinamakan penyakit PKD (Polycystic kidney disease) dan bisa disebut kista pada ginjal.
Gambar kucing persia himalaya
Foto kucing persia himalaya pesek yang sedang tidur.

Penyakit jenis ini adalah penyakit yang akan menggangu di ginjal bisa berupa tumbuhnya kista. Proses pertumbuhan pada jenis penyakit ini cukup berjalan lambat, sehingga penderita penyakit PKD akan mengalami hal buruk di saat waktu yang akan data, kurang lebih sekitar 1 sampai 2 tahun.

Untuk penyakit kista yang di alami kucing biasanya di alami oleh bayi pada kucing jenis ini, penyakit ini pada umumnya akan menggerogoti ginjal dan merusak fungsi ginjal yang berguna untuk menaring zat – zat beracum di dalam tubuh kucing tersebut. Berikut adalah ciri – ciri PKD(Polycyystic Kidney) yang harus anda ketahui.

  1. Depresi berkepanjangan.
  2. Selalu kehausan (dehidrasi).
  3. Nafsu makan tidak ada.
  4. Sangat sering buang air kecil.
  5. Berat badan turun drastis (kurus atau cungkring).

Pada umumnya setiap kucing yang menderita penyakit PKD (Polycyystic kidney) biasanya tidak akan terselamatkan. Karena banyak peniliti serta dokter hewan mengatakan, jenis penyakit PKD atau kista pada ginjal di tubuh hewan jenis kucing tersebut, belum ditemukan obatnya sampai detik ini!

Tips memilih kucing jenis himalaya

Anda tertarik dan ingin memiliki kucing persia himalaya ini ?, anda bisa mendapatkannya di berbagai toko hewan terdekat rumah anda, biasanya untuk jenis kucing himalaya persia akan di bandrol dengan harga dari 1 juta sampai dengan 3 juta rupiah. Dan jangan lupa pastikan anda sudah harus tau ciri – cirinya dan tahu  bagaimana cara memilihnya dengan baik.

Berikut tips memilih kucing himalaya :

  • Kalo anda ingin membeli kucing persia himalaya, Belilah kucing ini di toko hewan yang benar – benar legal! agar hewan tersebut terjaga dan terawat dengan baik oleh penjualnya.
  • Pastikan anda sudah menanyakan bentuk kesehatan kucing tersebut, dengan bentuk surat imunisasi kepada pemilik kucing sebelumnya ataupun di toko hewan.
  • Anda harus tau harga pasaran pada setiap jenis kucing.
  • Tanyakan kepada pemilik sebelumnya atau toko hewan tentang makanan yang cocok untuk kucing tersebut.
  • Buatlah bukti pembelian serta bukti tertulis agar tidak ada unsur penipuan yang dilakukan penjual. Untuk menjamin kesehatan kucing tersebut!

Video Kucing Persia Himalaya

Nah, itulah artikel tentang kucing persia himalaya yang sudah di baca baik itu harganya, ciri-ciri, tips memilihnya dan lain sebagainya, semoga ini dapat memberikan informasi yang lebih bagi kalian pecinta kucing, jangan lupa bagikan atau share artikel ini ke teman-teman pecinta kucing lainnya yah! Terimakasih.

Kucing :
    kucing himalaya, kucing persia himalaya, https://maniakucing com/kucing-persia-himalaya/, persia himalaya, jenis kucing himalaya, harga kucing himalaya, kucing himalaya asli, kucing himalaya bulu pendek, kucing himalaya biasa, kucing him
Klik Untuk Share !

2 thoughts on “Ciri-Ciri Kucing Persia Himalaya Asli dan Cara Merawatnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *