Ciri-Ciri Kucing Terkena Penyakit Toxoplasma

Posted on

Toxoplasma merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh protozoa parasit atau Toxoplasma gondii. Penyakit jenis ini biasa menyerang pada binatang mamalia yang berdarah panas, Contohnya : kucing, anjing ,kambing, kelinci,dll. Yuk mari simak artikel mengenai ciri-ciri kucing terkena toxoplasma berikut ini.

ciri ciri kucing terkena toxoplasma
Siklus Penyakit Toxoplasma Gondii pada kucing.

Parasit Toxoplasma gondii ini menjadikan binatang mamalia yang berdarah panas sebagai induk semang untuk berkembang biak. Penularan Toxoplasma ini biasanya melalui kotoran kucing yang mengandung ookista (telur toxoplasma), yang kemudian ikut tertelan kedalam tubuh kita (manusia).

Maka dari itu kita dianjurkan selalu mencuci tangan menggunakan sabun setelah bersentuhan atau bermain dengan kucing maupun binatang peliharaan lainnya. Untuk menghindari agar tidak tertular penyakit toxoplasma yang mungkin bisa terjadi. Lebih baik mencegah daripada mengobati.

Ciri-Ciri Kucing Terkena Toxoplasma

Sebenarnya memang tidak ada ciri khusus kucing terkena penyakit toxoplasma, nah ini akan menjadi sangat sulit untuk kita mengetahui apakah kucing peliharaan kita mengandung parasit toxoplasmat atau tidak.

Nah tidak semua kucing yang terkena penyakit toxoplasma serta menularkannya kepada kita lho. Hanya kucing yang tidak terawat yang mungkin bisa terkena parasit toxoplasma ini. Untuk itu maniaucing.com sedikit memberikan tips agar kucing terhindar dari toxoplasma.

Baca juga : Cara dan Tips Memandikan Kucing Agar Sehat

Tips Agar Kucing Terhindar Dari Toxoplasma

  1. Selalu memandikan kucing secara teratur minimal 1 minggu sekali.
  2. Bersihkan kandang kucing setiap hari serta cuci kandang kucing setiap 1 minggu sekali. Ini Optional saja, semprot kandang kucing menggunakan cairan desinfektan.
  3. Berikanlah tempat yang khusus untuk kucing buang kotoran, agar kucing tidak buang kotoran dengan sembarang yang bisa mendatangkan parasit toxoplasma gondii yang berbahaya ini.
  4. Berikan kucing peliharaan kamu pakan yang matang serta sehat, hindari pemberian pakan daging-daingan yang mentah, itu juga bisa membuat kucing anda mencret.
  5. Kamu harus memberikan vaksin kucing secara teratur agar kucing tidak penyakit lainnya seperti rabies, mencret,dan lain-lain.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Mencret atau Diare

Kucing :
    ciri ciri toxoplasma pada kucing, ciri ciri kucing terkena toxoplasma, virus tokso, ciri ciri kucing terkena virus, ciri kucing terkena toksoplasma, https://maniakucing com/ciri-ciri-kucing-terkena-toxoplasma/, ciri ciri kucing yang terkena toxoplasma, ciri ciri kucing terkena virus tokso, ciri ciri terkena virus tokso, ciri2 kucing terkena toxoplasma

5 thoughts on “Ciri-Ciri Kucing Terkena Penyakit Toxoplasma

  1. Hari ini Catie q meninggal karena sama aeperti kasus diatas. Kucing peaknoae usia 2.5bulan. Kucing yg udh lama saya adopsi, 3hari lalu aktif dan lucu banged sama sperti hari biasanya.
    Dan ga tahu kenap 2 hari lalu juga dia lemes,ga mau makan, muntah cairan kuning kdg putih dan berbusa bau nya klo dicium ga enak, suka menyendiri,mau nya suka ke kulkas,ga mau makan,minum bnyk. Kasus nya sama yg di tanyakan temen2 diatas.
    Karena ga tega dan kasihan sy bawa ke Drh terdekat rumah,diinfua dan disuntik juga dikasih resep dan blablabla.
    Di kandangin dengan lampu doff supaya hangat, Catie juga agak setengah sadar. Saya kasih obat dari dokter pakai pipet krn dia ga mau nelan dan lemes. Setelah kasih obat saya bingung dikasih makan dan minum nya, saya biarkan. Mungkin efek infus dan obat tadi.
    Saya tidur krn udh malam. Btw saya bangun jam 3 ini memastikan catie q baik2 saja dan skr dia udh meninggal. Sedih bnged ga bisa nolongin karena saya telat bawa ke dokter hewan. Telat juga vaksin nya padahal minggu2 ini janjian ama dokternya buat vaksin.
    Saya yakin ini virus cos menyerang tiba2. Meskipun dibawa ke dokter tetap aja ga bisa disembuhkan. Salah saya ga segera di vaksin. Kejadian memberikan pelajaran ke saya bahwa penting nya vaksin kucing supaya ga seperti Catie.
    Masih ada 3 kucing saya dirumah. PR nya juga sama yaitu segera vaksin supaya terhindar dari virus ini. Dan moga mereka sehat selalu. Miss u Catie. RIP catie.
    Malang, 5 Mei 2018 Jam 03:10

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *